Ikebukuro

Mungkin otaku pemula ada yang tidak tahu tentang tempat ini. Ikebukuro merupakan surga bagi para otaku cewek. Di sini terdapat Otome Road dan Animate Store yang cukup besar. Sebagai cewek otaku, ini adalah suatu tempat yang wajib dikunjungi di Tokyo. Di sana terdapat 2 Animate, yaitu Animate Sunshine yang terletak di Otome Road (merupakan gedung lama Animate Store) dan Animate Store. Animate Sunshine sekarang hanya digunakan sebagai exhibition area saja, jadi bagi kalian yang tertarik untuk melihat cosplayer-cosplayer bisa datang ke tempat ini.

Billboard di depan Animate Store
Kami hanya mengunjungi Animate Store saja. Gedung Animate Store memiliki 9 lantai dan tempat yang cukup luas. Di sini berbagai macam merchandise dari berbagai  anime, termasuk merchandise dari Otome Game. Selain itu ada juga suatu ruangan yang dikhususkan untuk BL section. Wah, ini dia nih surganya para fujoshi.

Tokyo Tower

Salah satu ikon terkenal dari Jepang adalah Tokyo Tower. Menara kedua tertinggi di Jepang ini mempunyai tinggi 333 meter. Kalau berkunjung ke sana, kalian harus pikir matang-matang untuk membeli tiketnya karena tiketnya tergolong mahal. Tiket untuk ke Main Observatory (150 meter) harganya 820 yen, sedangkan untuk ke Special Obserbatory (250 meter), yaitu lantai tertinggi di Tokyo Tower, harus membayar 600 yen. Harga paketannya 1420 yen.

Di dekat Tokyo Tower ada sebuah kuil bernama Kuil Zojoji. Kuil ini berjarak hanya beberapa ratus meter dari Tokyo Tower. Di gerbang masuknya berjajar banyak Jizo (patung biksu kecil) yang memakai topi rajutan dan kitiran. Ketika kami mengintip di kuil utamanya, ternyata sedang ada prosesi upacara pemakaman. Kami pergi pelan-pelan agar tidak  mengganggu.

Barisan patung Jizo

Osaka-jou

Hari ini adalah hari terakhir kami di Osaka. Pagi-pagi sekali kami berkunjung ke Osaka-jou (Kastil / Benteng Osaka). Seharusnya kami berkunjung ke kastil pada hari pertama, tapi karena jadwal hari pertama kami berantakan, Osaka-jou dikorbankan, karena kami tidak begitu tertarik dengan peninggalan-peninggalan sejarah..

Benteng Osaka

Baca selengkapnya »

Free! Iwatobi Swim Club adalah anime produksi Kyoto Animation dan Animation Do yang bergenre Komedi  dan Olahraga. Fakta menarik dari anime ini adalah awalnya, tokoh-tokoh dalam anime ini diciptakan hanya sekedar untuk promosi saja. Jadi tidak pernah terbayang sama sekali kalau akan dibuat anime. Akan tetapi banyak penonton yang menyukai iklannya dan mulai mengirimkan petisi kepada Kyoto Animation untuk memproduksi animenya. Dari sanalah Free! Iwatobi Swim Club mulai diproduksi. Cerita Free! Iwatobi Swim Club disesuaikan dengan sebuah novel karya Ouji Kouji berjudul High Speed! (ハイ☆スピード) yang menerima penghargaan dari Kyoto Animation Award di tahun 2011.

(crunchyroll)

Universal Studios Japan

Kami menghabiskan sebagian besar hari kedua di Universal Studios Japan (USJ). Universal Studios Japan dibuka pada tahun 2001 dan merupakan franchise Universal Studios pertama di Asia. Taman bermain ini terletak di depan Universal City Station, sekitar 15 menit dari pusat kota. Selain naik kereta, tersedia kapal ferry dari Kaiyukan Aquarium yang kami bahas di Day 1.

Di luar gerbang USJ, ada Universal Citywalk, dimana ada beberapa hotel, restoran, dan toko yang menarik. Di dalam mall-nya ada Takoyaki Museum Osaka (Di Tokyo juga ada). Di jalan menuju USJ ada juga JUMP Shop, toko barang-barang anime milik majalah Shonen Jump.

Baca selengkapnya »

Demam Shingeki no Kyojin belum berakhir!!

Apa ada yang pernah tahu tentang desktop buddies atau dalam bahasa Jepang : Shimeji?
Shimeji adalah suatu program yang dapat menampilkan makhluk mungil (chibi) yang bisa bergerak-gerak dan berjalan-jalan di layar komputer kita.
Fungsinya?
Sebenarnya Shimeji tidak punya fungsi khusus, hanya sekedar penghibur biar mata nggak sepet lihat layar komputer yang berisi skripsi atau tugas-tugas kita.

Nah CHiaki yang sekarang lagi kecantol sama Eren, baru saja men-download Eren Shimeji di Pixiv, shimeji ini hasil karya あんこ@ジョジョASBはよ.
Lihat desktop laptop CHiaki penuh dengan Eren (@q@)

(I didn't own the wallpaper. Owner please leave the name in the comment for credit, thanks anyway)

Baca selengkapnya »

Hisashiburi nee~ sekarang kita akan memasuki hari pertama kami di negeri sakura ini.

Setelah 10+ jam perjalanan akhirnya kami tiba di Osaka, kami masih sempat tercengang dengan pemandangan di depan kami. Kami masih nggak percaya kami sudah tiba di negeri impian kami. Sambil menoleh-noleh, kami berjalan melewati imigrasi dan pengambilan bagasi. Waktu nunggu koper kami keluar, ada seorang petugas yang mendekati kami besama dengan seekor anjing Golden. Anjing itu bertugas untuk mendeteksi keberadaan obat-obat terlarang di dalam bagasi yang baru tiba. Penjagaan di Jepang memang ketat banget!

Setelah kami keluar dari Arrival Hall, ternyata sudah jam 10 lebih! 1,5 jam lebih telat dari jadwal kami! Karena itu kami cepat-cepat ke stasiun dan mencari kereta untuk ke penginapan. Sebelum naik kereta, terlebih dulu kami membeli ICOCA dari vending machine di depan stasiun. ICOCA adalah smart card yang digunakan untuk naik-turun kereta.

Rencana awalnya, kami akan bongkar koper dan mandi dulu di hotel. Tetapi ternyata kami tidak boleh check-in sebelum jam 1. Yasudah, setelah kami menitipkan barang di resepsionis, kami langsung ke Kyoto tanpa mandi dulu =_=

Baca selengkapnya »

Persiapan kami untuk pergi ke Jepang bisa dibilang sangat pendek, hanya kurang lebih 3 minggu. Idenya tercetus begitu saja saat kami diberitahu bahwa tour yang kami daftar batal berangkat lagi. Padahal kami tidak pernah travelling berdua, apalagi ke negeri nun jauh di sana. Sempat bingung memikirkan harus menginap di mana, transportasi naik apa, mau kemana saja selama di Jepang, belum lagi mengurus Visa dan sebagainya. Tapi kami tetap nekat berangkat. Kalau tidak, kapan cita-cita ke Jepang terwujud?

Waktu tahu kami akan ke Jepang sendiri, otousan memberi kami beberapa buku tentang travelling ke Jepang. Dari buku-buku itu kami belajar banyak. Dua Buku yang sangat membantu perencanaan kami adalah: Lost in Japan dan Rp2,5 Juta Keliling Jepang. Selain dari buku, website yang paling membantu kami adalah Japan-Guide dan Hyperdia.

Jadi persiapan-persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum ke Jepang?

Baca selengkapnya »

Banyak orang yang enggan untuk jalan-jalan ke Jepang. Alasannya macam-macam: jauh, mahal, tidak bisa bahasa Jepang, dan sebagainya. Benarkah begitu?

Chiharu dan Chiaki baru saja kembali dari liburan ke Jepang bulan lalu. Sebagai penggemar anime, menginjakkan kaki di negara matahari terbit itu adalah keinginan kami sejak kecil. Makannya, perjalanan kami berdua selama seminggu di Jepang ini benar-benar mimpi yang jadi kenyataan. Bagi kalian yang punya mimpi sama seperti kita, jangan takut untuk mewujudkannya!

Shingeki no Kyojin (進撃の巨人) atau juga terkenal dengan judul Attack on Titan, adalah komik (manga) karya Isayama Hajime dengan genre Action, Horor, dan Tragedi. Komik yang diterbitkan sejak tahun 2009 sudah dibuat animenya, lho! Rencananya animenya berisi total 25 episode + OVA. Animenya tayang setiap Sabtu sejak 6 April 2013. Hingga hari ini total ada 11 episode dan kalau kalian mau menonton online, videonya diupload setiap hari Minggu (dengan  English subtitle). Shingeki no Kyojin juga dibuat video gamenya, hinga hari ini ada 4 macam video game yang diproduksi oleh Nitroplus dan Production I.G. Shingeki no Kyojin menjadi sangat terkenal hingga penjualan komiknya mencapai 20 juta kopi. Begitu terkenalnya sampai-sampai Mainichi Shimbun (salah satu koran di Jepang) menyebutnya "once-in-a-decade-hit" (terpopuler dalam 1 dekade/10 tahun). Shingeki no Kyojin juga akan menerbitkan live-action-movie yang kabarnya akan tayang pada tahun 2014.

cover volume 1 (media.animevice.com)