Gimana ya tahun baru di Jepang? Dulu, Jepang tidak merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari lho, karena Jepang tidak menggunakan penanggalan Masehi, melainkan menggunakan penanggalan Cina. Jadi, tahun baru dirayakan pada atau di awal musim semi. Tapi, sejak Restorasi Meiji pada 1873, Jepang memakai Kalender Gregorian (Penanggalan Masehi). Sejak saat itu, Tahun Baru Jepang (正月, shogatsu) dirayakan pada tanggal 1 Januari.
Beberapa minggu sebelum tahun baru adalah minggu-minggu yang paling sibuk di Jepang. Selain karena semua orang ingin menyelesaikan pekerjaannya sebelum akhir tahun, mereka juga harus bersih-bersih dan belanja untuk menyambut tahun baru.

Bonenkai


Bonenkai adalah pesta tutup tahun yang biasa diadakan antara rekan-rekan kerja sekantor. Pesta Bonenkai ini bertujuan untuk melupakan kenangan-kenangan buruk yang terjadi selama setahun penuh dan menyambut tahun yang baru dengan pikiran yang bersih. Pada kesempata ini bos-bos juga minta maaf kepada para bawahannya, jika selama setahun ini ia berlaku keras.

Otoshidama


Di Jepang juga ada kebiasaan memberi uang (angpau) untuk anak-anak. Angpau yang diberikan juga berdasarkan umur, makin tua, makin banyak jumlah uang yang diperoleh. Tetapi jika mempunyai saudara,untuk mencegah rasa iri angpau diberikan dalam jumlah yang sama.Dan saat-saat itu juga, toko-toko mainan lagi sibuk menarik perhatian anak-anak yang mendadak kaya itu agar mereka mau memakai otoshidama-nya untuk membeli mainan ^^.

Nengajo

Nengajo adalah tradisi mengirim postcard (kartu pos) berisi ucapan tahun baru kepada keluarga yang jauh, teman lama, dan juga rekan bisnis. Lain dengan tradisi barat yang mengirimkan kartu ucapan (seperti di sini juga), di Jepang, kartu pos lebih umum digunakan.
Hebatnya, semua kartu pos tahun baru yang dikirimkan akan disimpan oleh kantor pos dan baru dibagikan pada tanggal 1 Januari secara serempak! Hmm, pasti kantor pos sibuk banget kan? Makannya, supaya semua kartu pos dapat dikirimkan tepat waktu, seringkali pihak kantor pos mempekerjakan paruh waktu (part time) siswa-siswa yang ingin bekerja selama liburan.
Ada kebiasaan juga untuk tidak mengirimkan kartu ucapan tahun baru jika selama tahun itu ada salah satu dari keluarganya meninggal.


Yang umum ditulis di negajo adalah:
*kotoshi mo yoroshiku o-negai-shimasu (今年もよろしくお願いします) (Mohon kerjasamanya lagi untuk tahun depan)
*(shinnen) akemashite o-medeto-gozaimasu ((新年)あけましておめでとうございます) (Happiness to you on the dawn [of a New Year]) --> Gomen! Chi bingung ngartiinnya "-_-
*kinga shinnen ((謹賀新年) (Selamat Tahun Baru)
*shoshun (初春) (harafiah = awal musim semi. Dulu orang Jepang merayakan tahun baru pada awal musim semi.)

Kadomatsu


Kadomatsu adalah dekorasi tahun baru yang biasa diletakkan sepasang di depan pintu / gerbang. Terdiri dari 3 bambu yang diikat menjadi satu, lalu diberi cabang pinus lalu dibungkus dengan tikar jerami. Biasanya, kadomatsu dipasang mulai hari Natal sampai dengan tanggal 7 Januari.
Besar kecilnya kadomatsu bisa menunjukkan kekayaan seseorang lho. Biasanya orang yang kaya memasang sepasang kadomatsu yang besar dan mewah di depan rumahnya. Jadi, semakin besar kadomatsunya, berarti kemakin kaya tuh orang ^^. Tetapi, kebanyakan orang sekarang malas untuk memasang kadomatsu yang besar dan mewah seperti dulu. Sekarang, di toko-toko banyak dijual kadomatsu yang sudah jadi dan siap dipasang. Ada juga kadomatsu yang terbuat dari plastik, sehingga lebih praktis.

Serba "Pertama"
Kalau sudah bicara tahun baru, semua kegiatan dikaitkan dengan "yang pertama". Contohnya saja..
*Hatsuhinode (初日の出) adalah matahari pertama pada tahun baru. Orang-orang Jepang biasanya pergi ke pantai atau gunung untuk melihat terbitnya matahari pertama pada tahun yang baru.
*Hatsumode adalah kunjungan pertama ke kuil setelah tahun baru. Biasa dilakukan setelah lewat tengah malam tanggal 31 Desember atau pada tanggal 1 Januari. Pengunjung seringkali berkunjung dengan memakai komono. Hatsumode adalah hari yang paling ramai di kuil, karena semua orang datang ke kuil pada hari itu.

*Shigoto-hajime (仕事始め) adalah kerja pertama pada tahun baru.
*hatsu-uri shopping sale pertama setelah tahun baru.
*hatsugama, upacara minum teh pertama setelah tahun baru.
*waraizome adalah tawa pertama di tahun baru. Memulai tahun yang baru dengan tersenyum dianggap membawa keberuntungan.
*hatsuyume mimpi pertama di tahun baru.
*kakizome kaligrafi pertama di tahun baru.

Pemainan tahun baru


Ada beberapa jenis permainan yang biasa dimainkan pada saat tahun baru, diataranya:hanetsuki, takoage (layangan), koma, sugoroku, fukuwarai, karuta. Untuk lebih lengkapnya, lihat di artikel New Year Games.

TV Show


Pada malam tahun baru, banyak sekali acara yang dikemas khusus untuk manyambut tahun baru. Yang paling terkenal adalah Kohaku Uta Gassen (紅白歌合戦, harafiah = Kompetisi Lagu Merah dan Putih) atau biasa disingkat Kohaku. Kompetisi menyanyi ini sudah disiarkan selama beberapa dekade, tahun ini adalah Kohaku yang ke 60. Di kontes yang disiarkan di stasiun TV NHK ini, setiap tahun akan ada 2 tim yang akan berkompetisi. Dua tim tersebut adalah tim merah (akagumi) dan tim putih (shirogumi). Tim merah mewakili artis cewek sedangkan putih mewakili cowok. Mereka akan menyanyi untuk menemani penonton selagi menghabiskan waktu mereka menjelang tahun baru. Pada akhir acara penonton akan memilih siapa pemenangnya.
Pemilihan artis yang tampil di Kohaku terkenal ketat, lho. Hanya artis yang menerima undangan dari Kohaku yang boleh tampil. Seorang artis boleh bangga kalau menerima kehormatan tampil di Kohaku, karena hanya artis besar yang sukses yang bisa menyanyi di Kohaku. Jadi, Kohaku adalah pencapaian besar bagi karir seorang penyanyi.
Tahu nggak? Acara Kohaku Uta Gassen ini pernah ada di komik Death Note lho (vol. 11 page. 95). Ceritanya, Takeda jadi pembawa acara (Mediator) Kohaku, dan seharusnya Misa ikut berpartisipasi dalam tim merah, tetapi Misa diculik oleh Near.
Dan tahu nggak (lagi)?? Kohaku yang di Death Note itu Kohaku yang ke 60 tahun 2009! Berarti Kohaku tahun ini dong? XP

Makanan Tradisional
Tahun baru di Jepang juga berarti makanan enak. Yup, memang rata-rata orang merayakan tahun baru dengan makanan yang sedap. Hidangan khusus tahun baru disebut osechi-ryori (御節料理 or お節料理),atau sering disingkat osechi. Banyak sekali variasi dari osechi, pilihan makanan dapat berbeda antar tempat. Makanan yang dikeringkan juga sering dimakan saat tahun baru. Hal ini berhubungan dengan sejarah masa lalu, orang-orang membuat makanan yang dapat tahan lama (jaman dahulu tidak ada kulkas) karena selama tahun baru toko-toko tutup semua.


Untuk mengistirahatkan perut, pada tanggal 7 Januari dihidangkan bubur 7 rumput (七草粥, nanakusa-gayu, seven-herb rice soup).

Mochi


Satu lagi makanan khas tahun baru, mochi (餅)! Mochi -yang berarti kue beras- terbuat dari nasi yang direbus sehingga lengket, lalu ditaruh dalam palung yang terbuat dari kayu lalu di tumbuk dengan palu besar oleh seseorang, sedangkan seorang lagi memberi air sedikit demi sedikit. Dengan cara seperti ini, akan dihasilkan adonan putih yang kenyal dan lengket. Karena munumbuk mochi merupakan perkerjaan yang berat, penumbukan dilakukan secara bergatian secara massal. Mochi yang dibuat kemudian dibagikan secara massal juga.
Mochi yang dibuat khusus untuk tahun baru diberi nama kagami mochi (鏡餅). Kagami mochi ini terdiri dari 2 mochi berbentuk bundar yang disusun, serta 1 jeruk kecil (daidai) yang ditaruh di atasnya.
Karena mochi sangatnya kenyal, seringkali terjadi kecelakaan tersedak mochi (umumnya bagi yang sudah lanjut usia), bahkan bisa mengundang kematian! Ada-ada saja, ya!

(atas: komik 4 panel, Kobo-chan)

credits: wikipedia dan berbagai sumber