Shingeki no Kyojin (進撃の巨人) atau juga terkenal dengan judul Attack on Titan, adalah komik (manga) karya Isayama Hajime dengan genre Action, Horor, dan Tragedi. Komik yang diterbitkan sejak tahun 2009 sudah dibuat animenya, lho! Rencananya animenya berisi total 25 episode + OVA. Animenya tayang setiap Sabtu sejak 6 April 2013. Hingga hari ini total ada 11 episode dan kalau kalian mau menonton online, videonya diupload setiap hari Minggu (dengan  English subtitle). Shingeki no Kyojin juga dibuat video gamenya, hinga hari ini ada 4 macam video game yang diproduksi oleh Nitroplus dan Production I.G. Shingeki no Kyojin menjadi sangat terkenal hingga penjualan komiknya mencapai 20 juta kopi. Begitu terkenalnya sampai-sampai Mainichi Shimbun (salah satu koran di Jepang) menyebutnya "once-in-a-decade-hit" (terpopuler dalam 1 dekade/10 tahun). Shingeki no Kyojin juga akan menerbitkan live-action-movie yang kabarnya akan tayang pada tahun 2014.

cover volume 1 (media.animevice.com)

Shingeki no Kyojin menceritakan tentang sebuah dunia di mana ras manusia mulai memunah akibat kehadiran Titans (raksasa berbentuk manusia) yang muncul tiba-tiba dan memangsa manusia. Untuk melindungi diri, manusia mendirikan 3 tembok yang mengitari tempat tinggal mereka. Jarak dari satu tembok ke tembok yang lain adalah 100 meter dan tinggi tembok tersebut adalah 50 meter. Tembok terluar dinamai Wall-Maria, dilanjutkan tembok yang lebih dalam yaitu Wall-Rose, dan tembok yang paling tengah yang berisi pusat pemerintahan, Wall-Sina. Selain itu juga dibentuk pasukan khusus yang bertugas membasmi para titans. Pasukan tersebut terbagi menjadi tiga macam, Stationary Troops yang bertugas menjaga tembok, Scouting Legion yang bertugas memburu titans di luar tembok, dan Military Police yang memiliki kehormatan tertinggi untuk melindungi raja. Seratus tahun berlalu dan belum ada titans yang berhasil menembus tembok itu.

(my4dworld.tumblr.com)

Tahun 845, di sebuah kota dalam naungan Wall-Maria, seorang anak laki-laki bernama Eren Jaeger Yeager (pengarang baru mengadakan konfirmasi nama) tinggal dalam keluarga yang harmonis bersama teman sebayanya bernama Mikasa Ackerman. Eren terus bermimpi untuk bergabung dalam Scouting Legion dan pergi ke dunia di luar tembok itu bersama temannya yang bernama Armin Arlart. Eren adalah anak laki-laki yang penuh semangat dan juga mudah emosi, sangat kontras dengan Armin  yang kalem dan pintar. Mikasa adalah gadis keturunan campuran Oriental yang dikatakan ras yang punah. Orang tua Mikasa dibunuh oleh gerombolan penculik dan akhirnya diselamatkan oleh Eren. Sejak saat itu, Mikasa tinggal bersama keluarga Eren. Suatu hari ketika mereka bertiga berjalan-jalan di kota, tiba-tiba terdengar suara hantaman yang keras dan bunyi lonceng darurat berdentang. Orang-orang berkumpul dan menyaksikan pemandangan yang sangat mengerikan. Di atas tembok yang selama ini melindungi mereka, sebuah tangan raksasa berwarna kemerahan mencengkeram tembok itu dan tak lama muncul kepala titan yang hanya terbungkus otot kemerahan. Semua orang sangat terkejut melihat titan yang ukurannya melebihi ukuran normal itu.

Titan itu menendang tembok itu hingga berlubang. Pecahan dari tembok itu beterbangan menghancurkan rumah penduduk, salah satunya adalah rumah Eren. Ibu Eren terperangkap di bawah reruntuhan rumah, kota menjadi kacau balau karena penduduknya berlarian menyelamatkan diri dari titans lain yang mulai masuk ke dalam. Titan terbesar itu menghilang begitu saja saat dilangsungkan evakuasi penduduk. Eren dan Mikasa berusaha menyelamatkan ibunya akan tetapi karena terjepit waktu dan kurangnya tenaga, Eren dilarikan oleh salah seorang prajurit. Eren dan Mikasa dipaksa melarikan diri meski mereka tidak mau meninggalkan ibunya dan yang menjadi tragedi terbesar bagi Eren adalah ia melihat bagaimana seorang titan menemukan ibunya, meremukkannya dalam genggaman tangan dan memakannya. Sejak saat itulah Eren membulatkan tekad bawa ia akan masuk ke dalam Scouting Legion dan memusnahkan semua titans.

Armin, Eren, dan Mikasa setelah lulus dari sekolah militer (animeaura.com)
Lima tahun berlalu, Eren dan kedua temannya telah lulus dari sekolah militer. Eren mendapat posisi ke-5 dalam sepuluh besar murid terbaik lulusan itu. Posisi pertama diraih oleh Mikasa. Dalam lima tahun, keadaan mulai stabil meski sebagai harga yang dibayar, manusia kehilangan sepertiga daerah mereka (kota yang dinaungi Wall-Maria) dan 20% populasi manusia. Dalam usaha mereka memperbaiki sistem, mereka mengirimkan tim dari Scouting Legion untuk memburu titans di luar tembok. Tak lama setelah mengantar kepergian tim itu, kota kembali didatangi oleh titan raksasa yang mengundang teror. Titan itu melubangi tembok dan mulai mengundang titans lainnya untuk masuk. Diperhadapkan oleh musuh bebuyutannya, Eren yang kini sudah terlatih dan bersenjata menyerang titan raksasa itu sendirian, akan tetapi begitu kesempatan merubuhkan datang, titan itu mengeluarkan uap panas dan menghilang begitu saja meninggalkan misteri.

Eren VS Colossal Titan setinggi 60 meter (zerochan.net)

Berhasilkah mereka mengusir para titans? Apakah sebenarnya titans itu?


click it!



BONUS
Anime ini lagi nge-tren banget lo, CHiaki aja sampai tergila-gila hehehe
Opening animenya banyak mendapat pujian dari berbagai pihak. Penasaran? Langsung aja tonton video ini


credit : wikipedia