Fushigi Yuugi: Genbu Kaiden (ふしぎ遊戯 玄武開伝, Mysterious Play: The Legend of Genbu Unfolds) adalah manga (komik) karya Watase Yuu yang bergenre romans, komedi, action, fantasi, petualangan, dan sejarah. Komik yang diliris pada tahun 2003 di Sho-Comi sempat mengalami kemacetan dalam perkembangan ceritanya. Tahun 2004, komik ini dipindah ke Monthly Flower dan sempat mengalami hiatus sejak musim semi 2008 hingga musim semi tahun 2010. Sejak 2010, komik ini pindah ke majalah Rinka dan hanya diterbitkan setiap 6 bulan. Komiknya sudah tamat di chapter 40,  hingga saat ini, animenya masih belum (atau mungkin tidak akan) dibuat. Akan tetapi, sebuah game berdasarkan cerita komik ini telah diliris 22 Juni 2005 dengan judul "Fushigi Yuugi — Genbu Kaiden Gaiden: Kagami no Miko".

Cover Volume 1 (www.mangareader.net)




Bagi kalian yang berminat dengan video gamenya, berikut ulasan singkatnya.
(http://blackswallow90.tumblr.com/)
 Dalam game ini, kalian akan menjadi seorang gadis SMA bernama Mariko Kobayashi, yang tidak sengaja tersedot dalam dunia lain melalui sebuah cermin. Tugas pertama kalian adalah mencari Takumi Mochizuki yang juga tidak sengaja ikut tersedot bersama kalian. Dalam proses pencarian ini, kalian akan bertemu dengan tokoh-tokoh original komiknya dan berusaha membantu mereka mencapai tujuan mereka sebagai balas budi telah menemukan Takumi. Sebagai bumbu pemanisnya, ada sedikit romans yang ditambahakan dalam game ini. Kalian yang menjadi Mariko, akan melewati hari demi hari bersama Takumi dan beberapa cowok yang menjadi tokoh original komik (nanti akan CHiaki jelaskan satu per satu) sehingga ada "perasaan aneh" yang timbul di hati. Pada klimaksnya, kalian boleh memilih untuk tinggal di dunia mana, tergantung dengan siapa kalian memilih untuk tinggal. (Bagi para otaku, game ini masih "berbau" otome-game).



Baiklah sekarang CHiaki akan membahas komiknya.

Fushigi Yuugi: Genbu Kaiden sebenarnya merupakan prekuel dari serial Fushigi Yuugi.  Fushigi Yuugi telah selesai ditulis oleh pengarang pada tahun 1992. Animenya pun juga sudah selesai tayang pada tahun  1996 (waduh waktu itu, CHiaki masih nggak ngerti anime).

Takiko sebagai Pendeta Genbu (tengah baju hijau), Miaka Yuuki sebagai Pendeta Suzaku (pojok kiri bawah), bersama para pejuang pilihan dewa (www.fanpop.com)

Komik yang diperkirakan menjadi trilogi ini, ceritanya hanya berputar tentang sebuah buku berjudul "The Universe of The Four Gods" (dunia yang dibentuk oleh 4 dewa). Di utara ada Genbu dengan negara kekuasaannya yaitu Hokkan. Di Timur ada Suzaku dengan negara kekuasaannya bernama Konan. Di Selatan ada Byakko dengan negara kekuasaannya Zairou dan terakhir di Barat ada Seiryuu dengan negaranya Kutou. Setiap dewa akan menunjuk seorang pendeta wanita yang bersedia mengorbankan tubuh perawannya untuk dimakan hidup-hidup oleh sang dewa. sebagai gantinya, dewa akan mengabulkan 3 permintaan pendeta tersebut. Fushigi Yuugi yang diterbitkan lebih dulu, menceritakan tentang kisah Suzaku bersama pendetanya, Miaka Yuuki, juga Seiryuu bersama pendetanya, Yui Hongo. Fushigi Yuuki: Genbu Kaiden mengambil cerita tentang Genbu bersama pendetanya, yang terjadi jauh sebelum Fushigi Yuugi dimulai.

Pada tahun 1923 (era Taisho), di Morioka tinggal seorang gadis bernama Takiko Okuda. Takiko memiliki ibu yang sakit parah, sedangkan ayahnya pergi berkelana menulis buku, menelantarkan keluarganya di rumah. Takiko membenci ayahnya, akan tetapi demi ibunya, ia terus memohon supaya ayahnya lekas pulang. Hingga suatu hari secara tiba-tiba ayahnya pulang, membawa sebuah catatan tentang hasil penelitiannya di Cina tenatang literatur kuno. Dengan segera, ayah Takiko bergegas menyalin catatannya dan membuat sebuah buku berdasarkan catatannya itu. Buku itu diberi judul "The Universe of Four Gods". Begitu buku itu selesai, ibu Takiko meninggal. Takiko menjadi sangat marah dengan ayahnya yang masih sibuk dengan bukunya, sehingga ia mencuri buku itu dan berusaha menghancurkannya. Ayah Takiko berusaha mengejarnya, akan tetapi Takiko sudah mulai merobek bukunya dan tiba-tiba buku itu mengeluarkan cahaya yang menyilaukan. Dalam sekejab, cahaya itu menghilang, bersama dengan Takiko. Yang kini tertinggal di hadapan sang ayah hanyalah buku hasil karyanya beserta sebuah pita yang menjadi ikat rambut Takiko.

Takiko tersedot ke dalam buku tanpa disadarinya. Begitu ia membuka mata, Takiko sudah berada di sebuah gunung bersalju. Di sana ia bertemu seorang gadis yang dirantai dan digantung pada sebuah tiang. Tiba-tiba mereka diserang oleh 3 monster. Takiko yang hanya bersenjata sebuah tongkat tidak berdaya, dan saat itulah, gadis yang dirantai itu mengontrol udara di sekelilingnya, memutus rantai dan menghancurkan ketiga monster itu dengan mudahnya. Karena tidak tahu harus pergi ke mana, akhirnya ia memutuskan menolong gadis itu karena ternyata gadis itu demam tinggi. Takiko berjalan menuruni gunung mencari desa yang bisa disinggahinya. Berkat tuntunan seorang biksu kecil, ia sampai ke sebuah desa dan menginap di sebuah penginapan terdekat. Semalaman ia berusaha merawat gadis yang demamnya terlalu parah itu, hingga Takiko berusaha menormalkan suhu tubuh gadis itu dengan sehu tubuhnya sendiri. Ia berbaring di dekat gadis itu dan mulai terlelap, akan tetapi ia terbangun karena mendengar suara seorang laki-laki. Begitu Takiko membuka mata, gadis yang tadi dipeluknya berubah menjadi seorang pemuda. Setelah melewati malam itu, Takiko mulai mengenal berbagai hal tentang dunia itu, tentang negara tempatnya berada, Hokkan, dan dewa yang mereka puja, Genbu. Dan ternyata gadis yang diselamatkannya itu adalah seorang laki-laki buron, yang dikatakan telah membunuh 1000 orang, bernama Rimudo.

Dalam pelariannya bersama Takiko, Takiko tertangkap oleh pemuda lain bernama Chamuka. Chamuka menahannya di sebuah gua di mana Takiko bertemu dengan ibu Chamuka dan mulai belajar tentang dewa yang mereka puja, Genbu. Ketika dewa memilih seorang gadis untuk menjadi pendetanya, ia juga akan menunjuk 7 orang yang bertugas untuk melindungi sang pendeta. Ketujuh orang ini memiliki kekuatan istimewa yang diberikan oleh dewa dan sebagai tandanya, mereka memiliki tato sebuah huruf Cina di badannya. Takiko teringat bahwa biksu kecil yang menuntunnya ke desa itu sempat memanggil Takiko dengan sebutan "Pendeta Genbu", selain itu baik di tubuh Rimudo dan Chamuka terdapat tato huruf 女 (disebut Uruki) dan 虚 (disebut Tomite). Takiko mulai menyadari apa perannya dalam dunia itu, akan tetapi ia masih belum mengetahui harga yang akan dibayarnya. Sejak saai itu, Takiko berkelana bersama Chamuka, mencari dan merekrut keenam pejuang pilihan lainnya, kemudian memanggil Genbu untuk memulihkan negara Hokkan yang mulai hancur karena memasuki Zaman Es.

Takiko dan Seven Celestial Warriors (www.fanpop.com)

Akankah Takiko berhasil memanggil Genbu? Bagaimana nasib Takiko nantinya?



click it!


credit : wikipedia