Kagerou Project (KagePro) adalah kumpulan lagu karya Shizen no Teki-P, atau lebih dikenal sebagai Jin. Lagu-lagu karyanya saling menyambung dan membentuk cerita. Kagerou Project sudah mendapat adaptasi novel ringan dan manga. Jin juga mengumumkan bahwa anime Kagerou Project sedang dalam proses pembuatan.

tokoh-tokoh KagePro, dalam PV Children Record


Tokoh-tokoh KagePro (relationship chart)

Jin juga telah merilis album Mekakucity Days, yang berisi kumpulan lagu-lagu KagePro. Isi albumnya bisa diintip di sini: Album crossfade

Setiap lagu di seri ini  bercerita tentang tiap tokoh-tokoh KagePro. Beberapa memang kelihatan tidak berhubungan, tetapi yang mengubungkan semua tokohnya adalah mereka anggota dari grup bernama Mekakushi-dan. Mekakushi-dan sendiri belum jelas merupakan grup apa, tetapi tiap anggotanya mempunyai kekuatan khusus yang berhubungan dengan mata.


Berikut adalah ringkasan cerita dari Kagerou Project (dijealskan berdasarkan lagu, dengan tambahan informasi dari novel)
*KagePro ini masih ongoing, jadi banyak hal yang masih misteri
*Gomen kalau ada yang salah / kurang lengkap. Chiharu cuma baca novelnya setengah2..
*Lebih mudah dimengerti kalau kalian baca komiknya terlebih dahulu Manga (Mangafox)

original mylist NND

Jinzou Enemy / Artificial Enemy

Artificial enemy ini bercerita tentang Ene (Ene adalah singkatan dari Enemy). Ene adalah sebuah program yang tinggal di dalam komputer seorang pemuda bernama Kisaragi Shintaro. Ene awalnya adalah seorang gadis bernama Enomoto Takane sebelum ia kehilangan tubuhnya (dikisahkan di lagu Headphone Actor). Kekuatan Ene adalah mata yang tidak pernah menutup.



Mekakushi Code / Blinfold Code

Lagu ini bercerita tentang Kido Tsubomi. Kido adalah anggota pertama alias pencipta Mekakushi-dan. Walaupun Kido adalah perempuan, ia suka menggunakan kata 'ore' untuk menyebut dirinya sendiri (perempuan seharusnya memakai 'watashi'). Kido berasal dari panti asuhan yang sama dengan Kano dan Seto. Kekuatannya adalah menghindari perhatian orang.
Jin mengumumkan akan merilis lagu yang menceritakan tentang Kano dan Seto berjudul Yobanashi Deceive (lihat di bawah).



Kagerou Days

Kagerou days adalah lagu terpopuler dari seri Kagerou project ini. Lagunya bercerita tentang Amamiya Hibiya dan Asahina Hiyori di suatu siang hari di musim panas. Hibiya berusaha menyelamatkan Hiyori yang terbunuh karena kecelakaan. Walapun waktu terus berulang, Hibiya tidak pernah berhasil menyelamatkan Hiyori. Kemampuah Hibiya adalah memfokuskan mata (?).



Headphone Actor

Headphone actor bercerita tentang Enomoto Takane sebelum ia kehilangan tubuhnya dan menjadi Ene. Takane mendengar suara dari headphonenya yang menyuruhnya pergi ke seberang bukit, di sana ia bertemu dengan beberapa ilmuwan yang mengubahnya menjadi Ene.



Ene no Dennou Kikou / Ene's Cybernetic Journey

Ene no Dennou Kikou (tidak ada PV untuk lagu ini) Menceritakan tentang Ene / Takane setelah kehilangan tubuhnya, alias jadi program di komputer Shintaro.

Konoha no Sekai Jijou

Lagu ini bercerita tentang Konoha yang setiap hari bermimpi tentang kejadian tragis di lagu Kagerou Days. Konoha ingin menolong Hibiya dan Hiyori tetapi tidak bisa.
Konoha memiliki amnesia. Dia tinggal di rumah saudaranya Hiyori sebagai anak angkat.
Konoha adalah anggota Mekakushi-dan kesembilan, kekuatannya belum diketahui.



Kisaragi Attention

Kisaragi attention menceritakan tentang Kisaragi Momo. Momo adalah seorang artis terkenal. Dia memiliki kekuatan untuk menarik perhatian orang (kebalikan dari kekuatan Kido). Kemanapun dia pergi, dia selalu menjadi pusat perhatian. Momo adalah adik dari Kisaragi Shintaro.



Toumei Answer / Transparent Answer

Lagu ini bercerita tentang Kisaragi Shintaro. Shintaro adalah seorang pemuda yang berhenti sekolah dan mengurung diri dari dunia luar karena suatu kejadian. Sudah 2 tahun Shintaro tidak pernah keluar dari rumahnya. Ia tergila-gila dengan internet dan komputer, dan mengaku tidak bisa hidup tanpanya. Setahun sejak dia mengurung diri, Shintaro mendapat email asing di komputernya dan setelah dibuka, muncul Ene dari email itu. Sejak saat itu Ene hidup dalam komputer Shintaro.
Lagu ini menceritakan kisah sebelum Shintaro mengurung dirinya di kamar. Diduga Shintaro berhenti sekolah karena temannya yang duduk di bangku sebelahnya (Tateyama Ayano) meninggal.



Dead and Seek

Dead and Seek (tidak ada PV untuk lagu ini).
Lagu ini tentang Tateyama Kenjirou, guru di sekolahnya Takane dan Konoha. Dia adalah bapak dari Tateyama Ayano, teman Shintaro yang meninggal dunia. Lagunya bercerita tentang kejadian di Kagerou Days, dari sudut pandang Kenjirou.

Souzou Forest / Imagination Forest

Imagination forest menceritakan tentang asal usul Kozakura Mary. Mary adalauh 1/4 medusa. Karena kekuatan matanya, ia sering di-bully. Ia tinggal di sebuah rumah di hutan bersama ibunya dan tidak pernah keluar dari sana. Suatu hari ia ditemukan oleh seorang pemuda bernama Seto dan diajak bergabung dengan Mekakushi-dan. Kekuatan Mary adalah membekukan orang dalam waktu tertentu.



Gunjou Rain / Ultramarine Rain

Lagu ini dirilis bersamaan dengan DVD Children record. Lagunya menceritakan tentang ibu Mary, Kozakura Shion. Shion adalah setengan medusa, ia dapat mengubah manusia menjadi batu. Shion meninggal setelah menggunakan kekuatannya untuk melindung Mary.
Shion selalu berpesan kepada Mary supaya selalu tinggal dalam rumahnya di hutan, dan tidak boleh melihat dunia luar. (tidak ada PV untuk lagu ini, dibawah ini hanya fanmade)



Shinigami Records

Shinigami Records (tidak ada PV). Lagunya mengisahkan tentang Kozakura Azami, seorang Medusa yang imortal. Azami adalah ibu dari Shion / nenek Mary. Suatu saat ia jatuh cinta kepada seorang pria dan menikahinya. Azami sadar kalau suami dan anaknya Shion tidak imortal dan suatu saat akan mati. Karena takut kehilangan mereka berdua, Azami berusaha menciptakan dunia dimana waktu tidak berjalan.
Kemungkinan besar inilah yang menyebabkan perulangan waktu di lagu Kagerou Days.

Children Record

Children Record adalah theme song dari Kagerou Project. DVD single-nya dirilis pada tanggal 15 Agustus 2012. Di dalam boooklet DVD-nya, Jin mengumunkan bahwa Kagerou Project akan dibuat anime nya.
* 15 Agustus adalah tanggal dari lagu Kagerou days



Yobanashi Deceive / Night Talks Deceive

Lagu berikutnya yang akan dirilis oleh Jin adalah Yobanashi Deceive. Lagu ini akan bercerita tentang Seto dan Kano.
Kano Shuuya adalah orang yang selalu ceria dan suka menggoda Mary dan Momo. Kekuatannya adalah membodohi mata orang lain dengan memberi ilusi.
Seto Kousuke adalah pemuda yang mengajak Mary bergabung dengan Mekakushi-dan. Dia bekerja sebagai penjual bunga. Kekuatannya adalah mencuri informasi dari orang dengan menatap matanya.



Manga-nya saat ini baru 4 chapter, menceritakan tentang Artificial Enemy, Kisaragi Attention, dan Mekakushi Code.

Novel pertamanya berjudul Heat Haze Days - in a daze- bercerita seputar kejadian di lagu Kagerou Days. Sedangkan Novel keduanya berjudul Heat Haze Days -a headphone actor- sebagian besar mengisahkan tentang Enomoto Takane. 


Kagerou Project Team

Tim KagePro terdiri dari 3 orang, Jin, Shidu, Wannyanpuu. Jin membuat cerita dan lagu. Shidu membuat desain karakter dan illustrasi untuk novel. Wannyapu membuat illustrasi dan PV.

Sedangkan untuk manga, diilustrasikan oleh Mahiro Sato.

credits: miss simplicity, chromaticdiffusion, vgpersonpuellamonogatari, vocaloid wikia