Sejak bulan lalu Chiharu mulai belajar huruf Jepang. Huruf Jepang (kana) terbagi menjadi 3 macam: hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana adalah kana yang paling sering dipakai (contoh: こんにちは = konichiwa). Katakana dipakai untuk menulis kata-kata yang diampil dari bahasa asing (contoh: ハンバーガー = hamburger). Sedangkan kanji adalah huruf kuno yang ruwet. Karena kanji terlalu ruwet, mari kita lupakan dulu...

Jika kalian ingin belajar, tidak perlu beli buku, karena belajar online jauh lebih seru! Di bawah ini adalah beberapa app rekomendasi dari Chiharu. Sebagian besar gratis, dan terjamin (Chiharu udah coba satu persatu) Dengan aplikasi-aplikasi ini, kalian bisa belajar hiragana dan katakana. Dari cara menulis, contoh penggunaan, dan kuis.

Belajar online


KanaCards

Ada karakter imut yang menemani kamu belajar kana. Di kanacards kamu bisa belajar menghapal karakter kana satu per satu, disertai cara pengucapan dan contoh penggunaan. Ada kuis-nya juga!





Kana Gerke

Website ini menyediakan daftar lengkap hiragana dan katakana. Selain itu ada latihan menggunakan flashcard. Simple & to the point.



RealKana

Realkana ini mantap untuk latihan kalo kamu sudah hapal karakter-karakter kana. Di Realkana kamu bisa memilih jenis huruf yang digunakan, termasuk tulisan tangan yang kadang susah dimengerti. Kalo sudah latihan di sini dijamin kamu bisa membaca kana dengan lancar!


Android App


Kana Draw

untuk belajar menulis kana.
Disertai langkah-langkah menulisnya.

KanaQuiz

Quiz untuk menghapal kana. Kamu bisa memilih soal kuisnya: hiragana saja / katakana saja / campuran.

Dr. Moku

(SG$1.30) Untuk mendapatkan aplikasi yang ini, memang harus keluar duit, tapi tentu saja aplkasinya beda dengan yang gratis. Cara penyampaiannya lebih mudah dimengerti karena memakai ilustrasi / kiasan, selain itu aplikasinya full color.  Ada kuis-nya juga. Lengkap deh!



iPhone App




Hiragana and Katakana - The Complete Basic of Japanese

Dengan aplikasi ini kamu bisa belajar kana dari nol, dilengkapi dengan cara menulis, rekaman suara, cara membaca, contoh penggunaan, dan kuis. Gratis! tapi kadang iklannya menggangu..




Dr. Moku 

($3.99) Dr. Moku juga tersedia untuk iPhone dan iPad.  (penjelasan lihat di bagian Android di atas)



Learn Hiragana Now! 

($1.99) Sama seperti Dr. Moku alikasi ini menggunakan ilustrasi untuk memudahkan kita menghapal.  Cuma penampilannya tidak semenarik Dr. Moku, dan tidak ada kuis.




3 Comments

Rizky Kharisma mengatakan...

how.. masih terus update aja blognya...
sorry lama gak kunjung :)

Fahruriza mengatakan...

ane punya aplikasi sejenis untuk belajar hiragana. bisa dilihat di blog ane

http://fahruriza.blogspot.com/2012/05/hiragana-katakana.html

Fahri ramadhan mengatakan...

Makasih ya , saya mau belajar bahasa jepang tapi bingung . Saya sudah membeli buku tapi jika belajar sambil membawa-bawa buku sungguh merepotkan . Mungkin akan ada kesan lain jika lewat smartphone ini