Ao no Exorcist (青の祓魔師) atau juga dikenal dengan judul Blue Exorcist adalah manga karya Katou Kazue yang ber-genre shounen, supernatural, action, dan komedi. Manga ini diterbitkan di Jump Square sejak April 2009. Manga ini juga dibuat anime-nya dan diputar di Jepang pada 17 April 2011 sampai 2 Oktober 2011 dengan total 25 episode. Kabarnya, manga ini juga akan dibuat film layar lebarnya.




Ao no Exorcist menceritakan tentang pemuda bernama Okumura Rin yang memiliki adik kembar bernama Okumura Yukio. Okumura Rin dikenal sebagai seorang yang berandalan, kurang ajar, suka berkelahi, dan tidak bisa menahan diri. Sangat kontras dengan adik kembarnya yang tenang, cerdas, ramah, dan bercita-cita menjadi seorang dokter. Okumura Rin menyadari hal itu dan ia sudah putus asa terhadap hidupnya. Ia bertekad untuk mendukung mimpi adiknya saja. Saat itulah, ayah angkatnya, bernama Father Fujimoto Shiro yang juga kepala biarawan mengusulkan Rin untuk melamar pekerjaan. Dalam perjalanannya ke tempat kerja, Rin bertemu dengan sebuah geng yang dihajarnya habis-habisan semalam. Rin dipaksa untuk membayar semua kerugian yang mereka tanggung atau mereka akan mengancam kehidupan Rin, juga adiknya, Yukio. Rin merasa aneh dengan keadaan pemimpin mereka yang bertanduk dan berekor, juga dikelilingi oleh butiran-butiran hitam aneh, tapi saat itu Rin dilanda oleh ketakutan hingga tubuhnya tidak bisa bergerak. Di saat itulah, api berwarna biru muncul dari tubuhnya. Orang-orang itu langsung lari ketakutan dan hanya pemimpin mereka yang tinggal. Saat itu, pemimpin itu hanya membungkuk di hadapan Rin dan berkata, "Rupanya aku benar. Api biru itu nyata... "Api Satan"!! Aku sudah menunggu hari ini lama sekali! Aku terus mencari... dan mencari dirimu lama sekali, Tuan Muda! Sekarang, mari kita pergi. TUAN SATAN MENUNGGU KITA!"
Di tengah kebingungannya, Shiro muncul dan membasmi setan yang merasuki pemimpin geng itu. Ternyata, Shiro juga bekerja sebagai pembasmi setan, atau disebut "Exorcist". Shiro menjelaskan bahwa dunia ini terbagi menjadi 2, yaitu dunia nyata atau Assiah, dan dunia setan atau Gehenna. Setan hanya bisa masuk ke Assiah bila mereka merasuki sesuatu yang berasal dari Assiah, bisa benda mati maupun hidup. Merasa akan datang setan lain, Shiro menarik putra angkatnya itu kembali ke rumah. Dalam perjalanannya, Rin bertanya siapa sesungguhnya dirinya? Shiro menjawab, "Kau adalah anak setan, lahir dari manusia yang dihamili setan... dan setan itu bukan sembarang setan. KAU ADALAH ANAK DARI SATAN."
Shiro menyuruh Rin untuk lari, membekalinya dengan peralatan dan sebuah pedang. Ia berkata bahwa Rin hanya boleh membuka pedang itu kalau ia siap untuk kembali menjadi setan. Rin tidak percaya dengan semua penjelasan Shiro dan berbalik marah dan berkata bahwa Shiro hanya mencari alasan untuk mengusir Rin. Di puncak kemarahannya Rin membantah dengan menuding Shiro bukanlah ayah kandungnya. Pernyataan itu membuat Shiro shock dan satan berhasil merasukinya. Satan menarik Rin kembali ke Gehenna, tapi Rin bersikeras menolak. Dalam pergulatannya, Rin terpaksa membuka pedang itu untuk mengusir satan dari tubuh ayah angkatnya itu, tapi ketika ia berhasil melakukannya semua sudah terlambat, Shiro sudah tiada.


Dalam upacara pemakaman Shiro, Rin bertemu dengan teman Shiro bernama Mephisto Pheles dari True Cross Order. Di situlah, Rin meminta teman ayahnya untuk menjadikan dirinya seorang Exorcist. Mephisto berjanji untuk membuat Rin menjadi Exorcist. Untuk itu Rin diwajibkan untuk bersekolah di True Cross Academy. Di sana Rin bertemu dengan adiknya, Yukio, yang juga merupakan seorang Exorcist dan gurunya.

Okumura Twins : Rin (atas) & Yukio (bawah)

Akankah Rin berhasil menjadi seorang Exorcist? Dan sejak kapan Yukio menjadi seorang Exorcist?

click it! 


credit : wikipedia.org
picture : citymanga.com , mangafox.me , gorgeousanime.com