AKB49 - Renai Kinshi Jourei atau singkatnya AKB49 adalah manga karya Reiji Miyajima yang mengangkat cerita seputar grup AKB48. Manga bergenre shounen ini pertama kali diterbitkan di Weekly Shōnen Magazine pada Augustus 2010. Selain diterbitkan di Weekly Shōnen, ada juga versi tankoubon-nya, sampai saat ini (Juni 2012) sudah 8 volume.




Manga ini bercerita tentang Minoru Urayama, cowok SMA yang dikenal berwajah cantik. Minoru diam-diam menyukai kepada teman sekelasnya Hiroko Yoshinaga. Hiroko adalah fans dari Atsuko Maeda, yang merupakan center dari AKB48. Hiroko adalah orang yang pemalu, tidak jago olah raga, dan tidak terlalu pandai menyanyi dan menari. Namun Hiroko bercita-cita untuk menjadi idol seperti Atsuko Maeda, karena itu ia mengikuti audisi AKB48. Hiroko sudah pernah mengikuti audisi AKB48 tahun lalu, tetapi gagal. Karena itu, jika tahun ini ia gagal lagi, ia akan meninggalkan cita-citanya menjadi idol.

Ketika Minoru mengetahui hal itu, ia bersikeras membantu Hiroko. Karena itu Minoru menyamar menjadi cewek dan menyelinap ke audisi AKB48 untuk memberi dukungan mental kepada Hiroko. Audisi AKB48 generasi ke-12 pun berakhir dan Hiroko berhasil lolos audisi karena bantuan Minoru. Namun tidak disangka ternyata Minoru pun lolos audisi!

Manga ini bercerita tentang bagaimana Minoru dan teman-teman Kenkyūsei (trainee) AKB48 berjuang untuk menjadi idola yang sesungguhnya. Selain para Kenkyūsei, akan ada beberapa anggota senbatsu AKB48 yang asli seperti: Atsuko Maeda, Minami Takahashi, Yūko Ōshima, Mayu Watanabe, dkk muncul dalam cerita.





click it! 
Manga ini tidak diadaptasi menjadi anime,
tapi ada anime yang ceritanya juga berdasarkan AKB48: AKB0048

credit: wikipedia, mangareader, gambar scan dari sini