Arata Kangatari (アラタカンガタリ 〜革神語〜) atau juga dikenal dengan judul Arata: The Legend adalah manga (komik) karya Yuu Watase yang ber-genre Action, Adventure, Fantasy, Shounen, dan Supernatural. Manga ini pertama diterbitkan di Jepang pada 16 Januari 2009 di Shounen Sunday. Hingga hari ini, manga ini masih belum tamat.




Arata Kangatari menceritakan tentang seorang pemuda bernama Arata yang tinggal di dunia mistis bernama Amawakuni di mana dewa-dewinya mengambil rupa sebagai pedang. Pedang-pedang tersebut disebut sebagai Hayagami. Terdapat puluhan hingga ribuan Hayagami yang tersebar di pelosok dunia ini. Tiap Hayagami dipegang oleh orang-orang terpilih yang disebut Shou. Untuk menjaga agar Hayagami ini tidak disalah gunakan oleh para Shou, maka ditentukan seorang putri dari klan Himezoku yang harus memerintah dan mengontrol para Shou tersebut agar Hayagami tidak terkotori oleh nafsu setan. Putri tersebut disebut Himeou. Suatu kali, ketika Putri Kikuri yang saat itu menjabat sebagai Himeou hendak turun tahta, ia menyadari bahwa tidak ada penerus putri dari keluarganya. Maka, Himeou menghubungi mantan putri sebelumnya menanyakan apakah ia memiliki seorang putri. Sayangnya, satu-satunya keturunan dari kerabatnya tersebut adalah Arata, seorang putra. Arata terpaksa menyamar menjadi seorang putri agar kerabatnya tidak dibunuh. Saat upacara penobatannya, sebuah tragedi terjadi. Himeou ditebas oleh salah seorang dari 12 Shou kepercayaannya (disebut 12 Shinshou). Arata difitnah telah mencoba membunuh Himeou. Arata lari bersama Kotoha, sahabat karibnya, ke Hutan Kando. Di sana Arata terseret masuk ke dalam lubang berwarna hitam dan tidak sadarkan diri. Begitu ia sadarkan diri, ia sudah berada di bumi.

Hinohara Arata dan sebagian dari 12 Shinsou

Di bumi, terdapat seorang pemuda SMA bernama Hinohara Arata yang suka di-bully oleh teman sekelasnya, Kadowaki Masato. Awalnya ia bersabar menghadapi seluruh ejekan yang diterimanya, hingga suatu ketika, satu-satunya teman yang dimilikinya, Nishijima Suguru, mengkhianatinya. Ditekan perasaan marah dan kecawa, Hinohara Arata berjalan di sebuah gang sempit dan tiba-tiba tertarik ke dalam lubang hitam. Ketika ia membuka matanya, ia menyadari bahwa ia sudah berada di dunia yang berbeda, dunia Amaawakuni. Di tengah kebingungannya, Arata terkejut melihat sepasukan tentara yang mengejar dan hendak membunuhnya. Ia dituduh sebagai pembunuh Himeou. Di tengah pelariannya, Arata bertemu dengan Kotoha. Arata dibawa pulang ke sebuah desa oleh Kotoha yang mengiranya Arata, sahabat karibnya. Di sana ia bertemu dengan seorang nenek tua yang mengaku adalah keluarga satu-satunya Arata. Nenek tersebut adalah orang pertama yang menyadari bahwa Hinohara Arata bukanlah Arata. Selain itu, pedang Hayagami yang selama ini disimpan oleh nenek tersebut bereaksi terhadap Hinohara Arata, tetapi tidak terhadap Arata. Nenek tersebut semakin yakin bahwa Arata ini bukan Arata yang ia tahu. Sejak saat itu, Hinohara Arata menjadi seorang Shou yang memegang Hayagami bernama Tsukuyo.

Akankah Hinohara Arata dan Arata kembali ke dunia asalnya? Apa yang diinginkan Tsukuyo dari Hinohara Arata?


click it!