Ofuro atau Furo adalah bak mandi ala Jepang. Bentuknya kotak (kadang bundar), dalamnya kira-kira 0.6 m, dan besarnya bervariasi. Rata-rata semua kamar madi di Jepang memiliki ofuro. Jaman dahulu ofuro terbuat dari kayu, tetapi sekarang rata-rata ofuro di rumah terbuat dari plastik atau stainless steel karena kayu sangat mahal harganya.





Orang Jepang sangat suka mandi. Mereka bisa sangat lama di kamar mandi, karena mereka berendam di ofuro. Ritual berendam ini tentu dilakukan pada malam hari, mereka tidak mungkin berendam di pagi hari karena harus cepat-cepat berangkat kerja / sekolah. Setelah lelah melakukan aktivitas seharian, barulah mereka berendam di ofuro untuk melepas stress.

Anak-anak yang masih kecil biasanya mandi bersama orang tua mereka. Jika ofuro di rumah cukup besar, tak jarang satu keluarga mandi bersama. Tetapi jika ofuro yang dimiliki kecil, tiap-tiap anggota keluarga akan bergiliran berendam menggunakan air yang sama. Setelah semua anggota keluarga selesai mandi, air di ofuro tidak dibuang, melainkan disimpan untuk mencuci baju esok harinya.


Ofuro bukan berfungsi untuk membersihkan badan melainkan untuk relaksasi. Jadi sebelum masuk ofuro,  kita harus mandi dulu di shower yang biasanya terletak di sebelah ofuro. Setelah badan bersih, baru kita boleh masuk ke dalam ofuro.

Ofuro umumnya cukup dalam, sekitar 6o cm atau kira-kira sebahu jika kita berlutut. Air di dalamnya juga cukup panas, sekitar 38°C sampai 42°C. Ofuro punya penutup. Setelah selesai berendam, ofuro ditutup kembali agar air di dalamnya tetap panas sampai orang selanjutnya mandi.


Pada jaman dahulu di bawah ofuro terdapat tungku untuk memanaskan air. Hmm, benar-benar seperti direbus ya?

credits: wikipedia, fukushima life


One Comment

Anonim mengatakan...

Aku mau ofuro. Asyik. Terima kasih utuk infonya.