Pachinko adalah permainan yang mirip dengan pinball, permaninan ini sangat populer di Jepang. Pachinko sendiri berasal dari kata pachi-pachi yang berarti mengklik benda kecil atau derak api.




Cara bermain pachinko sama seperti pinball, hanya saja pachinko tidak mempunyai flipper dan menggunakan banyak bola-bola kecil sekaligus. Tujuan permainan ini adalah untuk mengarahkan bola-bola ke lubang yang tepat sehingga pemain mendapatkan bola lebih banyak. Bola tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah.


Apa saja hadiahnya? hadiah yang bisa ditukarkan bermacam-macam, seperti permen, alat tulis, payung, alat rumah tangga, barang elektronik, dan lain lain.
Apakah bisa ditukarkan dengan uang? Hukum yang berlaku di Jepang melarang penukaran uang di Pachinko. Tetapi, ada pihak ketiga dimana kita bisa menukarkan poin pachinko dengan uang. Lokasi penukaran uang ini terletak terpisah dengan pachinko. Karena itu, oleh polisi Jepang ditoleransi.

Tahu nggak ada orang yang dapat hidup hanya dari bermain pachinko?
Selain dengan cara menukarkan uang di pihak ketiga, pemain dapat memperoleh uang dengan cara menjual bola yang didapatkannya kepada pemain lain.
Cara lain lagi adalah dengan menjual hadiah yang didapatkan. Contohnya, pemain menukarkan bolanya dengan sepeda lalu ia menjual lagi sepeda itu. Dengan cara seperti itu, pemain mendapatkan uang secara halal (?)

credit: kirainet, japan-zone, wikipedia