Minna-san... masih inget sama Vocaloid 'kan?
Ternyata Vocaloid ini punya keunikan tersendiri lho dalam lagu-lagunya! Contohnya adalah 'Evil Saga' ini. Evil Saga bukan judul sebuah lagu, tetapi kumpulan dari banyak lagu yang membentuk cerita. Inti ceritanya ada di lagu duo kembar Vocaloid, Kagamine Len dan Kagamine Rin.




Oya, memang lagu-lagu yang dinyanyikan mirip, tapi sebenarnya beda lho! Jika kita perhatikan liriknya, banyak yang berubah, untuk mempermudah, silahkan baca eng-sub yang tersedia.
Berikut video-videonya ^^


1. Daughter Of Evil (Kagamine Rin)


versi lain





2. Servant Of Evil (Kagamine Len)


versi lain





3. Message Of Regret (Kagamine Len dan Rin)


versi lain




4. Re-Birth (Kagamine Len)



Ceritanya adalah sebagai berikut :
Kagamine Len dan Rin adalah anak kembar yang lahir dalam kerajaan. Seperti tradisi kuno, anak kembar sangat dilarang dalam keluarga kerajaan karena mempersulit pembagian kekuasaan kerajaan. Makanya, Len dan Rin terpaksa dipisah. Rin dibesarkan sebagai putri pewaris kerajaan sedangkan Len dibesarkan dalam keluarga biasa dan pendek kata bekerja menjadi pelayan setia Rin. Rin dan Len sangat dekat dan saling mengerti.

Satu kali Rin jatuh hati pada pangeran dari Negeri Biru (a.k.a Kaito) tetapi Kaito mencintai seorang gadis dari Negeri Hijau (a.k.a Miku). Satu kali saat Len pergi ke Negeri Hijau, ia juga bertemu Miku dan jatuh hati padanya, akan tetapi Rin sangat membenci Miku dan memerintahkan Len untuk membunuhnya. Karena rasa sayangnya pada Rin, Len akhirnya membunuh Miku, memicu kemarahan Kaito. Kaito yang mengetahui bahwa kekasihnya dibunuh oleh Rin, membentuk tentara pemberontakan dan mengajak Meiko (dikatakan sebagai wanita berbaju zirah merah) untuk membantunya menggulingkan pemerintahan Rin. Pecah pemberontakan hingga seluruh istana menjadi kosong, hanya Rin dan Len yang tersisa. Len yang tidak tega melihat saudara juga tuannya itu mati, memanfaatkan keadaan mereka. Rin dan Len lahir kembar identik. Len meminta Rin untuk melepas bajunya dan bertukar tempat dengannya. Selama Len menyerahkan diri, Rin harus melarikan diri. Meski tidak setuju, rencana tetap dijalankan dan Len mati di tangan pemberontak.

Menyesal tidak melakukan apapun, Rin lari ke Negeri Putih, di sana ia bertemu Yowane Haku yang sebenarnya adalah sahabat Miku. Mengetahui masa lalu Rin dan kebusukannya, Haku berniat membunuh Rin, tetapi akhirnya ia mengurungkan niatnya karena rasa kasihan.
(Bagian ini sebenarnya sudah benar, tapi agar penjelasan lebih tertata rapi, CHiaki memutuskan untuk menghapusnya dahulu)

Dalam "Message Of Regret" diceritakan tetang bagaimana masa lalu Rin & Len dalam kebahagiaan. Mereka pernah pergi ke pantai dan di sana Len menulis permohonan di kertas dan dimasukkan dalam botol. Botol itu kemudian dilepaskan ke laut. Ini adalah tradisi yang ada di pantai itu. Rin yang baru melihat Len dieksekusi mendatangi pantai itu dengan sebuah botol di tangannya. Botol itu berisi permohonannya : "Kalau kita dilahirkan kembali, aku ingin menjadi saudara kembarmu lagi, Len"

Dalam "Re-Birthday" yang dinyanyikan Len, cerita mencapai endingnya. Saat Len membuka matanya yang awalnya terus dibayangi oleh masa lalu, ia melihat Rin. Bukan Rin yang dulu yang selalu memakai baju mewah seorang putri, tapi seorang Kagamine Rin bersama 'saudara-saudara'nya, robot Vocaloid yang hingga hari ini siap menghibur kita dengan nyanyian mereka.



Untuk beberapa video memang cuma gambar saja, karena mungkin, lagunya tidak official.
Video no. 3, 4, dan 7 itu sebenarnya fan-made video, tapi CHi mengepostnya agar ceritanya lebih menarik. Karena pemabahasannya akan menjadi rancu, diputuskan fanmade video untuk sementara dihapus.

Selain 'Evil Saga', Vocaloid juga mengeluarkan seri lain yang berjudul 'Clockwork Lullaby'. Kapan-kapan CHiaki akan coba untuk posting.
Oya, CHiaki juga dapat info tentang video terakhir "Re-Birth" yang dinyanyikan oleh Kagamine Len. Ada beberapa pihak yang bersikukuh menekankan bahwa lagu tersebut merupakan Clockwork series, ada pula yang berkata lagu tersebut bagian dari Evil Saga. Hingga kini, lagu "Re-Birth" tersebut masih diperdebatkan dalam forum dan kebenarannya belum diketahui meluas. "Re-Birth" telah dinyatakan resmi mejadi bagian Clockwork Series. Akan tetapi lagu ini masih punya kaitan dengan "Evil Saga" dikarenakan pengarang lagu mengumumkan bahwa seluruh lagu buatannya saling sambung menyambung (kedua serial ini diciptakan oleh Mothy).



credit : answer.yahoo.com


2 Comments

Hamano Chiaki mengatakan...

2012/08/19 Evil Saga UPDATED~!

Shafira Nursyah Putri mengatakan...

Kalo Fira bikin komik evil saga, dngan judul Hardbeat Clocktower, kalau couplenya Yuki x Kaito. Bisa ga?