Hatsune Mix merupakan fanfic manga buatan salah seorang fans bernama Kei. Ini merupakan salah satu manga tidak resmi (unofficial) yang diterbitkan guna mengenal karakter-karakter di Vocaloid, terutama Vocaloid2 (generasi baru Vocaloid). Judul aslinya adalah Maker Hikōshiki Hatsune Mix (メーカー非公式 初音みっくす) yang diartikan sebagai Maker Unofficial Hatsune Mix.




Setiap chapter dalam komiknya berisi cerita-cerita pendek yang berbeda-beda, dengan kata lain cerita lepas, bukan cerita bersambung. Inilah yang membuat manga ini menarik, karena jarang sekali ada manga yang ceritanya terputus di tiap chapternya. Karena tiap ceritanya berbeda-beda, maka CHiaki tidak akan membahas soal cerita apa yang diceritakan di dalamnya. CHiaki hanya akan sekilas memperkenalkan tokoh-tokoh di dalamnya.

Tokoh utama dalam cerita ini adalah Hatsune Miku. Hatsune Miku merupakan sebuah robot yang diciptakan untuk menggantikan manusia menyanyi. Suara yang dihasilkan memang merdu, tapi ia hanya bisa bernyanyi selama lagu tersebut telah terekam dalam databasenya. Miku memiliki "kembaran" (bukan berarti saudaranya ya...) yang disebut Hachune Miku, bentuknya seperti Chibi Miku, hanya kelihatan lebih bodoh. Senjata sekaligus makanan favorit Miku adalah Negi (Daun Bawang).


Hatsune Miku memiliki  beberapa saudara. Saudara-saudaranya adalah robot-robot yang senasib dengannya, diciptakan untuk menggantikan manusia menyanyi. Setiap tahun, selalu ada anggota baru dalam keluarganya. Dalam cerita, awalnya keluarga Miku hanya terdiri dari 2 kakak, Miku, dan 2 adik. Kakak tertua, Meiko, adalah robot yang pertama diciptakan untuk menyanyi. Meiko merupakan sosok seorang kakak perempuan yang terlihat egois dan pemabuk, tapi di saat genting, ia menjadi kakak yang bisa diandalkan. Kakak keduanya, Kaito, adalah robot kedua (pertama untuk yang berjenis cowok) yang diciptakan. Kaito sangat suka es krim dan childish meski memiliki tampang yang keren. Meski begitu, ia adalah robot yang paling sayang dengan keluarganya dan juga paling pengertian. Adik Miku ada 2, dan mereka kembar cewek-cowok. Si kembar ini diciptakan pada musim dingin setelah selesai menciptakan Miku di musim panas (untuk tambahan, Miku harusnya diciptakan di musim semi, tapi karena suatu sebab, Miku tidak berhasil diselesaikan pada musim semi sehingga baru selesai musim panas). Nama anak kembar ini adalah Kagamine Len (cowok) dan Kagamine Rin (cewek). Ketika keduanya menyanyi, mereka akan melakukan duet yang jarang dilakukan oleh yang lain. Keduanya sangat bergantung pada Hatsune Miku.


Nanti-nantinya, keluarga Hatsune Miku akan terus bertambah. Di chapter 16, keluarganya kedatangan pendatang baru yang bernama Megurine Luka. Robot ini cantik dan lembut sehingga menjadi idola bagi banyak orang.


Ceritanya ada bermacam-macam, sayangnya, hingga hari ini, situs online hanya meng-scan dan translate hingga chapter 16. Untuk keterangan tiap karakter, akan dipost pada postingan berikutnya... Kayaknya bakalan jadi postingan yang panjang... karena memang pembahasannya panjang~


click it!


credit : wikipedia


5 Comments

Anne Avri Amira mengatakan...

keren :D hehehe aku sih masih penasaran sama episode Love Mix sama yang lainnya karena masih belum ada yang ngescan yang itu U,U

Anonim mengatakan...

manga nya cma b.inggris doang ?? yg b.indo blm ada ?

Hamano Chiaki mengatakan...

sampai hari ini CHiaki belum nemu yang versi Indonesia
solanya sekarang susah nyari yang indonesia
maaf OTL

unge rrf mengatakan...

Ini tuh berupa komik atau gimana ya? aku masih bingung ._. soalnya aku baru aja mulai suka Vocaloid ini ^^
Mohon bantuannya~ terimakasih..

Hamano Chiaki mengatakan...

Vocaloid adalah sebuah program
Hatsune Mix adalah komik yang dibuat berdasarkan karakter dalam program itu

cukup jelas? :)