DearS (ディアーズ) adalah manga dan anime ciptaan Peach-Pit yang diterbitkan di Majalah Dengeki Comic gao! dari bulan Maret 2002 sampai 17 Desember 2005, dan kemudian diliris menjadi 10 tangkubon. Animenya terbagi menjadi 13 episode dan diciptakan pula PlayStation 2 video game dari DearS ini. Manga shounen ini bergenre Comedy, Ecchi, Romance, Sci-fi, dan Harem.
Menurut CHiaki, manga ini mirip dengan jalan cerita manga Chobits, selain itu, genrenya juga sama...




DearS meceritakan tentang sebuah UFO yang jatuh ke bumi. Di dalam UFO tersebut, terdapat 150 orang alien, karena rupa mereka yang mirip manusia dan menawan, mereka disebut sebagai DearS. Jepang menjadi negara pertama yang menerima keberadaan DearS ini. Seorang anak lelaki bernama Ikuhara Takeya, tanpa sengaja bertemu dengan seorang DearS yang terlantar di pinggir jalan. Setelah berhasil menyelamatkan DearS dari tabrakan mobil, DearS ini tiba-tiba langsung mendekati Takeya dan menciumnya.

Takeya yang tidak mengerti apa-apa berusaha lari dari DearS ini, sayangnya di tengah pelariannya, DearS yang mengejarnya terus ini tumbang karena kelaparan, maka akhirnya DearS ini dibawa pulang ke apartemen Takeya, diberi makan dan tempat tidur serta diberi nama Ren. Karena Takeya tidak mengerti bahasa yang diutarakan Ren, Takeya berusaha mengusirnya, tapi Dears ini tidak mau beranjak dari apartemen Takeya hingga akhirnya keberadaan Ren diketahui oleh salah seorang temannya, Neneko.

Neneko pun berusaha menerima keberadaan Ren, meski sebenarnya ia agak cemburu dengan kedekatannya terhadap Takeya. Berkat anjuran Neneko, Ren belajar bahasa Jepang dan menguasainya hanya dalam 1 malam, meski tata bahasanya belum sempurna. Ren terus belajar tentang manusia, dan suatu hari ia berkata kepada Takeya bahwa Ren adalah budak Takeya. Awalnya Takeya tidak mengerti, hingga ia bertemu dengan DearS lain, Miu dan Khi yang menjelaskan bahwa DearS sebenarnya adalah makhluk ciptaan yang dibuat untuk menjadi budak. DearS hidup dari cinta tuannya sehingga mereka rela melakukan apapun demi tuannya. DearS hidup selalu patuh pada tuannya dan merasa tidak memiliki hak memilih, sebagai tanda kesetiaan pada tuannya, DearS akan mencium tuannya, itulah yang dikatakan oleh Miu dan Khi. Dari mereka pula, Takeya mengetahui bahwa Ren merupakan 'produk gagal' yang disebut 'Zero Number'. Di sisi lain, Ren merupakan DearS istimewa tanpa sepengetahuan orang lain.

Kecintaan Ren terhadap Takeya awalnya hanya bertepuk sebelah tangan, akan tetapi seiring perkembangan waktu, Tekeya pun menjadi memiliki 'rasa' terhadap Ren. Meski demikian (namanya juga cerita) masalah terus datang, munculnya DearS yang ingin mengambil Ren, pesaing cinta, dan berita fitnah menerjang mereka hingga mereka dipaksa untuk berpisah oleh ayah Takeya sendiri, seorang ilmuwan yang mempelajari luar angkasa. Ayah Takeya berusaha mengirim Ren ke luar angkasa karena ia manyadari keberadaan Ren yang membahayakan dunia karena Ren sebenarnya memang bukan sembarang DearS. Ren memiliki semacam kekuatan di dalamnya yang bisa membunuh seluruh manusia di dunia, tapi kekuatan itu tidak bisa membunuh DearS dan organisme lainnya. Karena itu Ren dikirim ke luar angkasa agar manusia terhindar dari bahaya. Padahal kekuatan Ren hanya bisa dilepaskan oleh seorang penjaga yang juga berperan sebagai 'Watcher' yang melihat segala hal yang terjadi pada DearS. Saat itu posisi 'Watcher' dipegang oleh Lady Fina, nantinya posisi ini sempat hampir direbut oleh Io, sang penjaga gerbang.


Selain posisi 'Watcher', DearS terbagi menjadi 2 macam lagi, yang pertama adalah 'Dog' yang terdiri dari 'Biter' yang bertugas sebagai agen yang menangkap atau melakukan tugas penuh kekerasan, dan 'Barker' yang bertugas mirip 'Biter' hanya 'Barker' juga bertugas melatih para DearS menjadi budak yang penurut. Kemudian yang satu lagi adalah 'Sheep' di mana mereka adalah DearS biasa, tapi di dalam posisi ini, ada posisi tinggi yang disebut 'Black Sheep' di mana mereka bertugas dalam hal administrasi dan tugas-tugas asisten di antara DearS.

Lalu akankah Ren dan Takeya berhasil bersatu kembali? Dan Apakah DearS hanya akan berkembang sebagai budak?


click it!


credit : wikipedia