Sudah 3 hari ini Chiharu makan nori terus. Jadi pengin nulis tentang nori nih!
Awalnya sih Chiharu pengin makan onigiri, tapi nggak punya nasi (#susahnyajadianakkos). jadi ngemut-ngemut nori aja dee..



CHi rasa kalain sudah pada tahu apa itu Nori kan? Ada yang belum tahu? CHi jelaskan sekarang.
Nori itu rumput laut (seaweed)! Nori adalah rumput laut (jenis  P. yezoensis dan P. tenera) yang dikeringkan (atau dipanngang) dan dicetak seperti kertas.



Banyak dikonsumsi di Jepang dan Korea. Biasanya untuk membungkus sushi dan onigiri, untuk menghias bento, atau cuma dimakan sebagai snack (kalau di Korea untuk membungkus gimbab).




Kenapa judul postnya 'Let's Eat Nori'? Karena Chiharu mau mengajak kalian semua makan nori!! Karena nori itu sehat dan bernutrisi!
Nori mempunyai kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan -yang paling utama- mineral yang tinggi.

Setiap 100g nori mengandung:

  • 27.0 μg carotin, 4.6 mg vitamin E, 390 μg vitamin K, 0.69 mg vitamin B1, 2.33 mg vitamin B2, 11.7 mg niacin, 0.59 mg vitamin B6, 57.6 μg vitamin B12, 1.90 μg folic acid, 1.18 mg pantothenic acid, dan 210 mg vitamin C.
  • selain itu juga mengandung 41.4 g of protein, 3.7 g lemak, 44.3 g karbohidrat, 280 mg kalsium, 300 mg magnesium, 2.4 mg potassium, 3.6 mg zinc, and 11.4 mg zat besi.


Psst! ternyata nggak cuma kita yang makan nori. Ikan pun juga makan nori. Yup! Karena nori bernutrisi tinggi, peternak ikan laut memberi makan ikan-ikannya nori.


~Chiharu~nori addict~
~seaweed lover~Chiharu~

@Chiaki ayo makan rumput laut!!

credit: wikipedia, saltaquarium.about.com, panama restaurant review, tastyislandhawaii.com