Shugo Chara! (しゅごキャラ!) atau dikenal juga dengan "My Guardian Character!" adalah manga dan anime karya duo mangaka bernama Peach-Pit. Manga bergenre shoujo romance, fantasy, dan supernatural ini telah dicetak komiknya di Indonesia, kalau tidak salah sampai hari ini totalnya ada 9 volume. Animenya juga sudah ditayangkan di Jepang semenjak 6 Oktober 2007 dalam channel TV Tokyo. Kemudian animenya dilanjutkan dengan judul "Shugo Chara!! Doki—" yang ditayangkan di Jepang semenjak 10 Oktober 2008. Pada 3 Oktober 2008, Shugo Chara! kembali membuat anime baru, judulnya "Shugo Chara Party!". Manga yang selesai dalam 48 chapter ini awalnya dipublikasikan oleh Kodansha melalui manga magazine Nakayoshi. Meski manga ini sebenarnya sudah tamat, Peach-Pit kembali mengeluarkan manga lanjutannya dengan judul "Shugo Chara! Encore!".


Cerita Shugo Chara! bercerita tentang seorang gadis kelas 4 SD Seiyou bernama Hinamori Amu yang memiliki 2 kepribadian. Kepribadian yang diketahui orang-orang di sekitarnya adalah kepribadiannya yang keren, dewasa, dan dingin, akan tetapi ini bukan kepribadiannya yang sesungguhnya. Amu sendiri menyadari kepribadiannya yang lain, kepribadian yang manis, imut, dan girly banget. Inilah kepribadian Amu yang sesungguhnya, yang diinginkan oleh Amu. Akan tetapi Amu sendiri malu menunjukkan jati dirinya yang sesungguhnya. Suatu hari hari, tanpa sengaja Amu menonton acara ramalan di TV yang dibintangi oleh seorang peramal bernama Seiki Nobuko. Setelah menonton acara itu, Amu menyadari bahwa keinginannya menjukkan dirinya yang sesungguhnya semakin besar. Karena itu ia berdoa agar ia bisa berubah, tapi hal ini membawa masalah baru untuk Amu. Keesokan harinya, ia amat terkejut melihat 3 buah telur di ranjangnya. Amu tidak mengerti dari mana asal telur tersebut, sampai akhirnya ia dijelaskan oleh anak-anak Seiyou Elementary School's Guardians. Telur-telur tersebut berisi seorang peri kecil yang disebut sebagai Shugo Chara (Guardian Character). Peri-peri kecil ini merupakan wujud dari karakter yang diinginkan oleh pemilik.

Shugo Chara yang dimiliki Amu bernama Ran (karakter yang pandai dalam hal olahraga, memiliki simbol hati/heart), Miki (karakter yang pandai dalam hal seni, memiliki simbol sekop/spade), dan Suu (karakter yang pandai dalam hal rumah tangga, memiliki simbol semanggi/clover). Di volume-volume terakhir, Amu akan memiliki seorang Shugo Chara lagi bernama Dia (karakter untuk menjadi seorang bintang, memiliki simbol wajik/diamond).


Seiyou Elementary School's Guardians adalah organisasi yang terdiri dari anak-anak yang memiliki Shugo Tama/Egg Character. Organisasi ini bertugas menjaga keamanan sekolah dari Batsu Tama (Telur "X"). Batsu Tama ini sebenarnya adalah Shugo Tama dalam diri seseorang, akan tetapi ketika orang tersebut kehilangan harapan atau tidak menginginkan keberadaan karakter tersebut karena suatu alasan, maka Shugo Tama tersebut akan berubah menjadi hitam dan memilki tanda "X" sehingga disebut sebagai Batsu Tama. Batsu Tama ini nantinya akan menetas dan mengeluarkan Batsu Chara ("X" Character) yang akan membuat pemiliknya jadi jahat dan menderita. Hanya seorang "Joker" yang bisa menetralkan Batsu Chara ini dengan melakukan "Becoming Character" bersama Shugo Charanya. Joker dapat dengan mudah melakukan "Becoming Character" karena ia memiliki kekuatan dari "Humpty Lock". Pemilik Shugo Chara yang lain juga sebenarnya bisa jika mereka memiliki keyakinan penuh terhadap karakternya.

Seiyou Elementary School's Guardians


Seiyou Elementary School's Guardians terdiri atas King, Queen, Jack, Ace, dan Joker. Masing-masing posisi tersebut ditempati 1 orang yang dipilih tiap tahunnya. Posisi King diambil oleh Hotori Tadase selama 3 tahun, sifatnya pemalu dan lembut, ia memiliki Kiseki sebagai Shugo Charanya. Posisi Queen diambil oleh Fujisaki Nadeshiko selama 2 tahun karena pada tahun ke-3 ia pergi ke luar negeri, Shugo Charanya bernama Temari. Sebenarnya Nadeshiko adalah seorang anak laki-laki yang menyamar menjadi perempuan karena tradisi keluarganya yang turun-temurun adalah penari. Nama asli Nadeshiko adalah Fujisaki Nagihiko dan nantinya ia akan menempati posisi Jack di akhir cerita bersama Shugo Charanya yang baru, Rhytm. Pengganti Nadeshiko sebagai Queen adalah Mashiro Rima (lihat gambar kanan) dengan Shugo Charanya bernama Kusu Kusu. Posisi Jack diambil oleh Souma Kuukai selama 2 tahun dengan Shugo Chara bernama Daichi. Alasannya berhenti adalah karena pada tahun ke-3 ia telah lulus SD, selama beberapa bulan posisi Jack digantikan oleh Sanjo Kairi (lihat gambar kanan) dengan Shugo Charanya yang bernama Musashi. Posisi Ace diambil oleh Yuiki Yaya, sifatnya cengeng dan kekanak-kanakan dengan Shugo Charanya Pepe. Yang terakhir adalah Joker yang ditempati oleh Amu selama 2 tahun, karena pada tahun pertama ia belum memiliki Shugo Chara.

Easter

Ternyata masalah Amu tidak berhenti di sini, ternyata ada sebuah organisasi bernama "Easter" yang menginginkan "Embrio". Diceritakan barangsiapa yang menemukan "Embrio" ini akan memperoleh sesuatu yang sangat diinginkannya. Karena itu, para Guardian berharap menemukannya terlebih dahulu dan menjaganya dari nafsu jahat Easter. Easter dipimpin oleh pemimpin misterius bernama Gozen dan wakilnya Hoshino Kazuomi. Kazuomi memilki 2 anak tiri yang dipaksa berkerja sama dengan Easter, mereka adalah Tsukiyomi Ikuto, pandai memainkan biola juga memiliki Shugo Chara bernama Yoru, dan adik kandungnya Hoshina Utau (nama aslinya Tsukiyomi Utau, meski masih muda, ia adalah seorang penyanyi terkenal) yang memiliki 2 Shugo Chara, Iru dan Eru. Kemudian Kazuomi juga mempekerjakan 2 pegawai sebagai bawahannya, namanya Nikadou Yuu yang menyamar menjadi seorang guru di sekolah Amu dan Sanjo Yukari, manager Utau.

Siapakah yang akhirnya dapat memperoleh "Embrio"? Apakah "Embrio" itu sebenarnya?


click it!

credit : wikipedia