Pernah berpikir bagaimana sebuah film animasi dibuat? Memakai komputer canggih? Tidak demikian dengan Miyazaki. Walaupun teknologi sudah maju, pemilik studio Gibhli ini membuat filmnya sebagian besar dengan tangan! Waw, bayangkan untuk membuat 1 jam film saja, berapa gambar yang harus dibuat?
Sudah banyak karya yang dihasilkannya, antara lain "My Neighbor Totoro" dan "Spirited Away". Penasaran bagaimana Miyazaki membuat filmnya? Ayo berkunjung ke Museum Ghibli!


Museum Ghibli (株式会社スタジオジブ) terletak di Mitaka, Jepang. Tidak terlalu jauh dari pusat Tokyo (sekitar 20 menit dari Shinjuku), namun di Mitaka kita bisa menikmati udara segar yang tidak dapat kita rasakan di Tokyo.
Walaupun Museum Ghibli adalah museum seni, namun dijamin nggak akan bosan di dalamnya, karena museum ini dirancang untuk anak-anak. Banyak display-display lucu yang menghibur, namun juga mendidik. Bangunan luarnya berbentuk seperti pot-pot raksasa, di atapnya tumbuh bermacam-macam tanaman. Bagian dalamnya sangat berbeda dari penampilan luarnya, keren deh pokoknya!


Di lantai paling bawah, terdapat display-display tentang sejarah animasi serta ilmu animasi. Salah satu display yang paling menarik adalah ... hmm, Chiharu nggak tahu namanya(-_-"). Display ini terdiri dari model-model karakter dari film produksi Ghibli dengan pose yang berbeda. Model ini disusun dengan rapi di sekeliling meja berbentuk bundar. Ketika meja ini diputar, kita dapat melihat model-model tadi seperti bergerak. Padahal, itu karena model yang kita lihat berganti dengan cepat ke model yang disebelahnya. Itulah dasar dari animasi. Misalnya, kita bisa melihat model Totoro terbang dengan payungnya.




Oh iya, ketika membeli tiket, pasti kita mendapatkan satu tiket untuk menonton film pendek yang hanya bisa ditonton di teater museum ini. Ada beberapa film yang diputar. Tetapi, kita hanya dapat menonton 1 film saja setiap kali berkunjung, dan kita juga tidak bisa memilih filmnya.
Teater yang bernama Saturn theatre mempunyai langit-langit yang menarik. Terdapat lukisan matahari di langit-langit, lalu ketika ruangan menjadi gelap (tanda film akan dimulai) bulan muncul menggantikan matahari.

Di lantai ini kita juga bisa menemukan tangga putar yang unik. Tangga putar ini sangat kecil, hanya cukup dilalui oleh satu orang. Selain itu, tangga ini nggak stop di lantai 2, tapi langsung ke lantai 3. Wuih, bisa pusing tuh! Tenang aja, kalau tidak mau naik tangga unik ini, ada tangga yang masih normal kok!

Di lantai 2, kita bisa merasakan bagaimana berada di studio animasi. Kita juga bisa belajar langkah-langkah membuat film animasi. Mulai dari proses sketsa, memberi garis, proses mewarna, sampai menjadi sebuah film. Bahkan di dinding-dinding dan jendela pun ikut dilukisi. Benar-benar serasa di studio deh! X3


Mungkin Catbus yang terdapat di lantai 3 adalah tempat favorit anak-anak yang berkunjung ke Museum Ghibli. Catbus dari film "My Neighbor Totoro" ini sangat besar dan empuk. Wajar saja catbus selalu ramai dengan anak-anak.

Di lantai 3 juga terdapat pintu menuju ke atap gedung. Di atap Museum, terdapat taman yang cukup besar. Di taman itu ada patung robot dari film "Laputa: Castle in the Sky". Robot ini lumayan besar lho, jika disejajarkan, manusia tingginya hanya setinggi kaki robot. Robot ini cukup populer. Untuk berfoto dengan robot ini, sampai harus antre lho!
 Cafe museumnya juga nggak kalah menarik lho. lihat aja nih, siapa yang tega meminumnya?

Mmm, semua tulisan di atas bukan berdasarkan pengalaman Chiharu sendiri. Chiharu belum pernah ke Jepang, apalagi ke Museum Ghibli! Chiharu tulis berdasarkan apa yang Chiharu baca di tautoz.com dan sedikit fantasi Chiharu sendiri XD.
Gimana? tertarik berkunjung ke Ghibli Museum??

sumber: tautoz.com, wikipedia, fanboy.com

website ghibli:
http://www.ghibli-museum.jp/en/
http://www.onlineghibli.com/
http://www.studioghibli.net/


One Comment

dsy mengatakan...

aah pengen bgt ke sana!! pengen ngerasain naik Neko no Bus.. :D
Pasti banyak jg merchandise Ghibli di sana y.. pengen! pengen! :D
http://livingdaisy.blogspot.com