Kalau yang lalu CHi sudah membahas tentang karakuri ningyo, sekarang giliran karakuri tansu. Apa itu karakuri tansu?



Karakuri tansu adalah kerajinan tangan tradisional Jepang yang berbentuk kotak atau laci. Ukurannya pun bervariasi, mulai hanya yang berupa kotak kecil sampai yang sebesar lemari baju. Lalu, apa istimewanya? Karakuri tansu bukan laci biasa, karakuri tansu memiliki trik di dalamnya, sehingga perlu berpikir untuk membukanya, yang terkadang hanya sang pemilik yang tahu. Jadi, kita bisa menyembunyikan sesuatu di dalamnya, dijamin aman.

Untuk membuat karakuri tansu, perlu jerih payah dan menguras waktu serta tenaga. Bayangkan, untuk membuat satu kotak kecil karakuri tansu diperlukan waktu 2 bulan. Proses pembuatannya semua dilakukan secara manual, dengan tangan!

lihat keajaiban karakuri tansu dalam video berikut ini

(gomen, videonya dalam bahasa inggris! nggak masalah, yang penting lihat karakuri tansunya, kan?)

Salah satu contoh karakuri tansu dalam manga adalah Senrinryu, dalam manga Detective School Q. Senrinryu adalah kotak kecil tertutup yang dibuat oleh seniman terkenal Takumi Kuzuryu. Bentuknya kecil dan indah, di atasnya terdapat gambar dua naga, sedangkan di bawahnya terdapat sebuah kalimat dalam huruf kanji Cina kuno. Ada trik khusus untuk membuka Senrinryu, yang dibuat oleh Takumi Kuzuryu. Tidak ada yang dapat membuka Senrinryu kecuali 2 orang, yaitu Kyu dan seorang detektif swasta, Konosuke Asuma. (Cerita ini dapat dibaca pada Detective School Q vol. 16-17 chapter 124 - 133)

Ingin mencoba memecahkannya? ini dia gambarnya... (diambil / scan dari manga vol. 17)

"Saat naga menjadi jinak, bahkan manusia bisa naik ke atas punggungnya. Namun, saat amarahnya meluap, manusia pun akan tewas oleh amukannya."
Masih bingung? kunci ada pada chapter 132

Bagi yang tertarik dapat membeli Karakuri Tansu ini di sini.


credit: Nicolai456 (video), wikipedia, karakuriya.com