Yakitate!! Japan (焼きたて!! ジャぱん) merupakan anime dan manga kuliner (seputar makanan) karya Hashiguchi Takashi. Di Indonesia manga Yakitate!! Japan sudah terbit sebanyak 17 tankobon dan di Jepang sudah 26 tankubon, sedangkan untuk animenya sebanyak 69 episode memang belum pernah diputar di TV Indonesia, tapi kita bisa beli DVD Yakitate!! Japan atau nonton online di internet. Yakitate!! Japan tergolong manga dan anime komedi karena Hashiguchi Takashi memasukkan adegan lucu sebagai reaksi pemakan setelah mencoba roti buatan tokoh utamnya, yaitu Azuma Kazuma atau lawannya Azuma yang tangguh-tangguh.


Cerita Yakitate!! Japan mengenai seorang pemuda berusia yang lahir di tengah keluarga petani beras dan jatuh cinta pada rasa roti yang pertama dicobanya pada usia 5 tahun. Di luar dugaan, Kazuma memiliki tangan istimewa yang disebut ’tangan matahari’. Tangan ini merupakan tangan istimewa yang hanya dimiliki sedikit orang saja, keistimewaannya adalah tangan ini memiliki suhu lebih hangat daripada suhu tubuh (lazimnya suhu tangan lebih rendah daripada suhu tubuh) sehingga membuat adonan roti mengembang lebih baik dari roti biasa. Sejak saat itu, ia bercita-cita untuk membuat roti yang akan dicintai orang Jepang melebihi nasi. Nama roti itu adalah ’Japan’. Pemuda inilah Azuma Kazuma.

Hingga Azuma Kazuma berusia 15 tahun, Kazuma berhasil membuat 55 jenis Japan dan menerima surat dari sebuah bakery pusat terkenal ’Pantasia’ yang menyatakan ia dipekerjakan...selama 1 hari saja untuk kepentingan ujian masuk pegawai baru. Di sanalah ia bertemu dengan seorang pemuda yang juga terobsesi untuk masuk ke Pantasia pusat, namanya Kyosuke Kawachi dan seorang ahli pedang yang pintar membuat roti bernama Suwabara Kai. Sayangnya hanya boleh 1 orang pegawai baru yang diterima di Pantasia pusat, persaingan semakin ketat akibat pengawas yang selalu mencari-cari kesalahan barnama Ryou Kuroyanagi. Pada akhirnya Suwabara Kai yang lulus ujian itu karena Azuma Kazuma dan Kyosuke Kawachi mengundurkan diri. Karena terlalu sayang untuk dilepaskan, maka cucu ke-2 pemilik Pantasia yang bernama Azusagawa Tsukino mengajak Azuma Kazuma dan Kyosuke Kawachi bekerja di cabang yang dipimpin Tsukino yaitu Pantasia cabang Tokyo Selatan. Di bakery inilah azuma bertemu dengan juru roti hebat yang bekerja sebagai Manager bernama Ken Matsushiro dan juga seorang pegawai yang sering dilupakan, tetapi ternyata menyimpan kekuatan yang hebat, namanya Kinoshita Kageto.

Lalu dapatkah Azuma mewujudkan cita-citanya membuat Japan?



One Comment

dechan mengatakan...

yakitate! salah satu anime favorit..!
kocak bgt, opening&ending song-nya keren2..!