Jepang adalah negara yang banyak mengadakan festival. Di Jepang, festival diadakan hampir setiap bulan. Tentu saja tempat, waktu, dan acaranya berbeda-beda. Nah, di bulan April, ada festival yang cukup digemari orang, yaitu festival Takayama.



Festival Takayama (Takayama Matsuri) termasuk dalam 3 besar festival terindah di Jepang. Festival yang berlokasi di kota tua Takayama ini banyak menarik perhatian turis, tidak hanya dari Jepang tetapi dari seluruh penjuru dunia. Pada minggu-minggu sekitar perayaan, Takayama dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menyaksikan Festival Takayama. Bahkan, untuk bisa menonton festival Takayama, tiket pesawat dan hotel harus dipesan jauh-jauh hari. Apalagi jika ingin menginap hotel yang dekat dengan tempat festival, booking nya harus beberapa bulan sebelumnya!

Perayaan Takayama diadakan dua kali setahun, pada musim semi dan musim gugur. Setiap perayaan berlangsung selama dua hari. Berarti, pada bulan april ini adalah Festival musim semi.
Perayaan musim semi diadakan pada tanggal 14-15 April di Kuil Hie, yang terletak di sebelah selatan Takayama. Karena Kuil Hie juga dikenal sebagai Sanno-sama, perayaan pada musim semi sering disebut Festival Sanno.
Perayaan musim gugur diadakan pada tanggal 9-10 Oktober di Kuil Hachiman di sebelah utara kota tua Takayama. Perayaan ini juga disebut Festival Hachiman.

Acara yang ditampilkan pada kedua musim perayaan hampir sama. Bedanya adalah set yatai yang ditampilkan. Masing-masing musim punya yatai yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa acara yang ditampilkan.

Yatai
Yatai adalah semacam kendaraan berhias. Selama 2 hari festival, yatai dipajang di jalan mulai pagi sampai sore hari. Ketika hari sudah menginjak malam, yatai disimpan kembali di tempat penyimpanannya. Ada beberapa yatai yang ditampilkan pada beberapa jalan yang berbeda. Jika cuacanya buruk, yatai tidak dikeluarkan dari tempat penyimpanannya, tetapi tempat tersebut dibuka pintunya agar pengunjung bisa masuk ke dalam untuk melihatnya.



Mikoshi
Mikoshio adalah kuil kecil yang bisa dibawa-bawa. Pada festival Takayama, diadakan prosesi mengarak Mikoshi keliling kota. Mikoshi ini, berisi dewa dari masing-masing kuil. Katanya, festival Takayama ini adalah satu-satunya waktu dimana dewa kuil tersebut keluar dari kuilnya.

Pertunjukkan Karakuri
Sebagian yatai dilengkapi dengan karakuri ningyo, atau boneka mekanik (robot sederhana) yang bisa bergerak dan menari. Pertunjukan karakuri ningyo ini diadakan beberapa kali pada waktu-waktu tertentu selama festival berlangsung.


Festival di malam hari
Pada malam hari pertama, yatai dibawa berkeliling jalan-jalan Takayama. Ada juga beberapa acara menarik yang dapat disaksikan di malam hari. Karena itu, yomatsuri (festival malam) banyak menarik perhatian orang. Sebagian pengunjung datang hanya pada malam hari untuk menyaksikan yomatsuri.

sumber: photos.igougo.com, japan-guide.com, about.com