Pandora Hearts (パンドラハーツ) adalah manga dan anime karya Jun Mochizuki. Manga bergenre shounen, action, fantasy dan comedy ini memulai serialnya di shounen magazine GFantasy di bulan Juni 2006 oleh Square Enix . Hingga hari ini, di Read Manga Online sudah ada hingga chapter 47, tetapi untuk di Indonesia baru sampai chapter 34 (volume 8). Fakta uniknya, tokoh-tokoh di Pandora Hearts ini, memiliki nama dan karakter yang mirip cerita 'Alice in the Wonderland'.


Pandora Hearts bercerita tentang seorang pemuda berusia 15 tahun yang bernama Oz Vessalius. Oz hendak menghadiri sebuah pesta yang diselenggarakan untuk merayakan hari di mana Oz menjadi dewasa. Oz memiliki seorang pelayan laki-laki yang seumuran dan sangat takut pada kucing bernama Gilbert dan adik perempuan yang manis bernama Ada Vessalius serta seorang paman yang baik bernama Oscar Vessalius.

Pada siang hari di hari perayaan itu, Oz kabur kabur bersama dengan Ada dan Gilbert untuk pergi bermain.  Tiba-tiba Oz mendengar sebuah lantunan musik yang tidak jelas asalnya. Ketika Oz mencari sumber suaranya, Oz dan Gilbert jatuh ke dalam sebuah lubang yang tidak pernah terlihat sebelumnya. Di dalam lubang tersebut terdapat satu buah kuburan yang namanya tidak jelas dan sebuah jam saku tergantung di nisannya. Ternyata di dalam jam saku terdapat kotak musik. Ketika Oz mencoba memutar jam saku itu, tiba-tiba Oz  berada di dalam sebuah kamar yang banyak boneka yang bisa berbicara, dan terlihat seorang gadis mendatanginya dengan senyum yang manis seolah sudah menantinya lama sekali. Ketika Oz bertanya siapa sebenarnya gadis itu, gadis itu marah sekali, ia mencoba membunuh Oz dengan mencekik dan menusuknya dengan pisau. Lalu  Oz tersadar dan berpikir semuanya itu hanya mimpi.

Malam tiba, Oz bersiap-siap untuk menghadiri pesta. Ketika Gilbert sedang seorang diri, orang-orang berjubah mendatangi Gilbert, lalu mengambil kesadaran dan mengendalikan Gilbert. Oz yang tidak menyadari itu, menghadiri pesta dengan tenang. Sebelum pesta, Oz bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Sharon Rainworth juga laki-laki aneh yang dikemudian hari diketahui namanya Zakshees Break. Kedua orang itu sangat misterius, tetapi Oz tidak terlalu memikirkannya. Di pesta, ketika Oz hendak mengucapkan sumpahnya, tiba-tiba Gilbert yang sudah dikendalikan mendekati Oz, menangkap dan menusuknya. Orang-orang berjubah muncul kembali.  Ketika pisaunya nyaris ditusukkan di jantung Oz, seekor monster muncul di belakang Oz. Di mata orang-orang, wujudnya adalah monster kelinci sehingga disebut B-Rabbit (Black-Rabbit), tetapi di mata Oz, B-Rabbit terlihat sebagai gadis yang pernah ditemui sebelumnya, gadis yang pernah hendak membunuhnya di dalam mimpi. Oz sangat ketakutan, ia mengambil pedang dan tanpa sengaja menebas Gilbert. Setelah itu, Oz dikirim ke Abyss, tempat pembuangan penjahat-penjahat besar, oleh orang-orang berjubah tersebut.

Di Abyss, Oz bertemu lagi oleh B-Rabbit, dalam wujud seorang gadis tentunya. B-Rabbit mengaku bahwa nama sebenarnya adalah Alice dan meminta Oz untuk bekerja sama dan mengikat kontrak 'peminjaman kekuatan' dengan B-Rabbit agar mereka berdua bisa terbebas dari Abyss. Akhirnya Oz mengikat kontrak dengan B-Rabbit dan terbebas dari Abyss.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Oz Vessalius? Siapa sebenarnya orang-orang berjubah itu?



click it !
read manga (onemanga)
watch anime (youtube)