Kali ini, CHi sensei akan mengajari kalian cara membuat origami anjing yang imut ini! Cara membuatnya sama sekali tidak sulit kok! Hanya, butuh lumayan waktu dan langkah-langkah yang lumayan panjang...
 Masih bingung? atau perlu waktu untuk mengerjakannya? CHi sediakan versi lain yang lebih mudah untuk disimpan, all in one picture!
((download di sini))

bahan: 1 lembar kertas lipat dan lem

1. Lipat kertas menjadi segitiga
2. Buka kertas dan lipat 2 ujung kertas sejajar dengan garis diagonal, sehingga membentuk layang-layang
3. Balik kertas. Lipat ujung bawah kertas ke atas
4. Balikkan kertas. Tarik ujung kanan/kiri atas persegi ke bawah
5. Lakukan hal yang sama dengan persegi lainnya, kertas akan membentuk layang-layang kecil
6. Tarik ujung bawah layang-layang ke bawah, sehingga ketika dibuka akan terlihat bentuk 'diamond'
7. Balik kertas, akan terlihat sebuah layang-layang ber'topi'. Lipat salah satu ujung atas layang-layang ke garis yang membagi 'diamond'secara horizontal, kemudian buka lipatannya. Lipat ujung lainnya dan buka kembali.
8. Tekuk dan lipat 'diamond' tersebut sesuai arah lipatan tadi. Lipat kertas menjadi gepeng sesuai garis vertikal, sehingga kertas menjadi seperti gambar.
9. Tarik salah satu ujungnya ke depan, hingga telinganya terlihat


10. Tekuk ujungnya ke dalam. Tarik kembali ujungnnya ke luar
11. Buka pelan-pelan lipatan vertikalnya. Lipat ujungnya ke dalam (tidak udah terlalu dalam). Lipat lagi ujungnya dan usahakan lipatannya tersembunyi di balik 'moncong'nya. Kembalikan lipatan vertikalnya
12. Lipat ujung belakang ke dalam depan. Tarik kembali ujungnya ke luar
13. Buka lipatan vertikalnya dan lipat bagian 'ekor'nya (tidak perlu menyesuaikan dengan bagian belakannya, beri sedikit jarak)
14. Kembalikan lipatan vertikalnya sambil menahan ekornya agar membentuk sudut segitiga. Jangan lupa berdirikan telinganya.  Jadi deh! Ups, tapi si doggy masih gepeng tuh, kita buat 3D, ya..

15. Gembungkan bagian 'badan'nya dengan pensil atau bolpen, usahakan bagian atas tetap tertutup (tidak menganga).
16. Tekan pelan-pelan bagian bawah 'badan'nya (lakukan pada kedua sisi). Tekan juga bagian atasnya agar menggembung.
17. Gembungkan bagian 'kepala'nya. Tekan pelan-pelan bagian bawah dan atasnya, seperti yang dilakukan pada bagian 'badan'
18. Beri lem di bagian-bagian yang diperlukan agar lebih rapi.
SELESAI!
Tips:
Sebaiknya, jangan pakai kertas yang terlalu tipis (misalnya koran), karena nanti doggy-nya tidak bisa 3D. CHi pakai kertas origami standart kok!


4 Comments

Oyah mengatakan...

Sooo cute... tar q coba aaahhh... makasyiihhhh....

senny12 mengatakan...

saya selalu kesulitan di bagian ke 8. sampai berkali-kali mengulang kertas origaminya. apakah tidak ada videonya? saya ingin sekali membuat ini untuk teman saya

Hamano Chiharu mengatakan...

Hi senny12,

ini link videonya: http://youtu.be/-30n1Drgp-s?t=1m26s
semoga berhasil :)

warna warni mengatakan...

thumb up..cute..^_^