Fruit Basket (フルーツバスケット) adalah managa serta anime shojou bergenre roman dan komedi karya Natsuki Takaya. Komik ini beredar dari tahun 1999-2006 di Jepang. Komik dengan jumlah 136 chapter ini sudah dibuat versi animenya di Jepang dan diputar di televisi pada tahun 2001. Tetapi pada versi animenya terdapat banyak perbedaan bila dibandingkan dengan komiknya.


Fruit Basket menceritakan tentang seorang gadis bernama Honda Tohru yang ditinggal mati oleh ibunya dan bertemu dengan seorang laki-laki sebayanya bernama Souma Yuki. Ternyata Souma Yuki adalah teman sesekolah Tohru dan juga merupakan 'pangeran' di sekolahnya. Kedekatan Yuki dan Tohru membuat banyak masalah. Selain membuat teman-teman di sekolahnya iri, Tohru juga harus membantu keluarga Souma menjaga rahasia besar. Rahasia itu tidak senganja diketahui oleh Tohru, yaitu ketika Yuki tidak sengaja memeluk Kyo, salah seorang anggota anggota Souma, dan tiba-tiba Kyo berubah menjadi kucing. Karena terlalu bingung, Tohru pun terjatuh dan menyentuh Yuki dan sepupunya, Shigure, hingga mereka berubah menjadi anjing dan tikus.
Hal ini terjadi karena sebenarnya seluruh keluarga Souma sesungguhnya dirasuki oleh roh 12 shio. Akan tetapi kucing tidak termasuk dalam 12 shio (klik untuk membaca legendanya). Karena itulah dewa mengeluarkan peraturan baru, yaitu bila kucing dapat mengalahkan tikus dalam perkelahian, maka kucing boleh masuk dalam 12 shio menggantikan tikus. Karena peraturan itu pula, Kyo dan Yuki sering berkelahi dan membuat Tohru kerepotan. Apalagi mengetahui bahwa apabila keluarga Souma malu karena tersentuh oleh lawan jenisnya, maka mereka akan berubah menjadi sosok binatang sementara. Masalah lain timbul ketika Tohru mengetahui bahwa tidak hanya 12 shio yang ada dalam keluarga Souma, tetapi juga sang dewa. Sang dewa sering berbuat jahat kepada 12 shio karena dewa merasuki orang dengan emosi yang labil. Ada peraturan dalam keluarga Souma bahwa orang yang melihat sosok Souma dalam wujud hewan harus dihilangkan ingatannya mengenai keluarga Souma tersebut.

Akankah keluarga Souma terus menerus berjalan seperti itu? Lalu akankah Tohru kehilangan ingatannya?


click it!


credit : lilrockergirl474