Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) adalah anime dalam bentuk movie dengan durasi 125 menit yang diproduksi oleh Studio Ghibli pada tahun 2001 dan juga salah satu karya dari Hayao Miyazaki. anime ini memenangkan banyak sekali penghargaan antara lain, sebuah Oscar sebagai Best Animated Feature, movie anime pertama yang memenangkan penghargaan Academy Award, film animasi yang tidak berbahasa Inggris pertama (pada saat itu saja) yang memenangkan banyak penghargaan, and satu-satunya pemenang dari penghargaan animasi tradisional (dikarenakan gambarnya digambar dengan tangan oleh Hayao Miyazaki). Anime ini juga memenangkan Golden Bear pada tahun 2002 di Berlin International Film Festival. Spirited Away juga mengejar kepopuleran film Titanic dalam box office Jepang sebagai film dengan tingkat penjualan tertinggi dalam sejarah Jepang. Spirited Away juga diproduksi dalam bahasa Inggris olah Walt Disney Studio.

Spirited Away bercerita tentang gadis berumur 10 tahun bernama Chihiro yang berpindah rumah. Dalam perjalanannya ke rumah baru, ia beserta dengan kedua orang tuanya tersesat di hutan dan tanpa sengaja menemukan sebuah stasiun tua yang sudah tidak dipakai. Kedua orang tuanya tertarik untuk masuk ke dalam stasiun tersebut untuk melihat-lihat. Meski sebenarnya Chihiro takut untuk masuk, akhirnya Chihiro ikut masuk karena tidak ingin ditinggal sendirian. Ternyata stasiun tersebut merupakan penghubung dunia manusia dengan dunia lain. Ketika mereka melihat dunia lain tersebut, mereka terpana oleh keindahan pemandangannya. Anehnya dunia lain itu sepi sekali. Kedua orang tua Chihiro memutuskan untuk berjalan-jalan sejenak. Ketika berjalan-jalan, kedua orang tua Chihiro tertarik pada sebuah restoran, mereka berhenti dan makan disana meski restoran tersebut tidak ada penjaganya. Chihiro takut akan dimarahi oleh pemilik restoran tersebut, maka dari itu ia memutuskan untuk tidak makan dan berjalan-jalan saja.

Senja telah datang dan betapa kagetnya Chihiro saat ia melihat sesosok anak laki-laki yang kira-kira sebaya dengannya, di depan sebuah rumah pemandian. Sebelum Chihiro sempat bertanya mengenai dunia aneh itu, anak laki-laki itu malah mengusir Chihiro dari dunia aneh itu. Maka dari itu, Chihiro kembali kepada orang tuanya dan ia terkejut mengatahui kenyataan bahwa kedua orang tuanya telah menjadi babi dan stasiun tua yang menjadi gerbang penghubung itu telah menjauh serta terpisah oleh lau yang dalam. Di kejauhan, samar-samar Chihiro melihat ada sebuah kapal. Karena takut, Chihiro bersembunyi sambil melihat kapal tersebut mendekat. Ternyata kapal tersebut memang kapal aneh dengan penumpang yang semuanya tidak berwujud manusia. Kemudian, Chihiro mulai melihat tangannya dan ia sangat terkejut karena tangan dan seluruh tubuhnya menjadi transparan.. Chihiro takut dan menangis, pada saat itulah anak laki-laki yang tadi mengusirnya itu datang dan menolong Chihiro. Ia pun berjanji akan membantu Chihiro untuk keluar dari dunia aneh itu. Nama anak laki-laki tersebut adalah Haku.

Siapakah Haku itu sebenarnya? Mengapa ia mau menolong Chihiro? Akankah Chihiro berhasil keluar dari dunia aneh itu beserta dengan kedua orang tuanya?

Japanese trailer

English trailer



click it!


One Comment

Frachi mengatakan...

ah! ini yang pke lagu itsumo nando demo - hayao miyazaki kan? :)