Kalau di part 1 sudah dibahas tentang macam-macam trik dan senjata ninja, di part 2 ini, CHi akan khusus membahas shuriken.

Shuriken (手裏剣) adalah senjata tradisional Jepang berukuran kecil, biasanya untuk dilempar. Shuriken yang kita tahu biasanya berbentuk bintang segi 4 seperti yang ada di Naruto atau cerita-cerita ninja lainnya. Sebenarnya bentuk shuriken bermacam-macam, lho. Tidak selalu berbentuk bintang seperti yang biasa kita lihat.

Menurut bentuknya, secara umum shuriken dibagi menjadi 2 kelompok : Bo-Shuriken dan Hira-Shuriken.

Bo-Shuriken


Bo-Shuriken (棒手裏剣) adalah shuriken yang dibuat dari batang logam dengan panjang 12-21 cm. Bisa bermata 1 ataupun bermata 2. Bo-Shuriken sendiri dibagi menjadi beberapa macam, menurut bahan pembuatnya, seperti kugi-gata (paku), hari-gata (jarum), dan tanto-gata (pisau), hoko-gata (tombak), dan sebagainya.

Hmmm, kalau gitu, senjata yang dipakai Haku (Naruto vol. 2-4) termasuk shuriken donk??














Hira-Shuriken

Hira-Shuriken (平手裏剣) adalah shuriken yang terbuat sari kepingan logam tipis, dengan ujung-ujung yang tajam. Nah, shuriken jenis inilah yang biasanya kita tahu. Pada Hira-Shuriken terdapat lubang di tengahnya. Ternyata lubang ini banyak manfaatnya, lho! Pertama, untuk memudahkan pengguna memegang shuriken. Kedua, membawanya jadi lebih mudah (bisa dicantolin, diikat). Ketiga, untuk mengurangi berat shuriken. Keempat, mempengaruhi efek aerodinamik saat dilempar.


Variasi bentuk dari Hira-Shuriken juga bermacam-macam. Biasanya tergantung pembuatnya. Bentuk dari Hira-Shuriken juga bisa menjadi identitas kelompok ninja.

Dalam kehidupan nyata, shuriken tidak pernah dijadikan senjata utama. Shuriken hanya dipakai sebagai senjata pelengkap atau tambahan.

Beberapa penggunaan shuriken, antara lain :

- Shuriken dilempar untuk mengalihan perhatian lawan
- Shuriken dilumuri racun untuk melumpuhkan lawan, atau diberi kotoran hewan supaya jika tertusuk lawan akan terkena tetanus.
- Hira-Shuriken dapat ditancapkan di tanah sebagai jebakan sehingga melukai kaki siapapun yang menginjaknya.
- Hira-Shuriken juga dapat diberi sumbu, disulut, lalu dilempar untuk membuat kebakaran.