Profile Sakumo
Hatake Sakumo (はたけサクモ) atau sering disebut Konoha no Shiroi Kiba (木ノ葉の白い牙) yang berarti ’Taring Putih Konoha, adalah seorang ninja jounin jenius yang menjadi pahlawan karena telah berkorban untuk melindungi desanya. Ia adalah ayah dari Hatake Kakashi.




Sakumo adalah ninja yang sangat hebat yang dikatakan bahwa lebih hebat dari Sannin. Istrinya meninggal saat Kakashi masih kecil. Penduduk desa sangat menghormatinya, karena Sakumo telah berkorban demi Konoha. Akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Suatu kali, Sakumo ditunjuk menjadi ketua tim dalam misi rahasia menyusup ke daerah musuh. Tetapi, dalam misi itu, Sakumo terjepit di anatara 2 pilihan, keberhasilan tim atau keselamatan rekan timnya. Munurut hukum desa, mentelantarkan misi adalah hal tabu. Meski mengetahui itu, Sakumo lebih memilih untuk menyelamatkan rekan timnya itu. Kegagalan Sakumo dalam misinya itu mendatangkan kerugian besar pada pihak desa. Akibatnya, Sakumo dihina dan dipojokkan oleh penduduk desa, termasuk oleh rekan timnya yang pernah ia selamatkan. Keresahannya itu membuatnya depresi hingga akhirnya Sakumo memilih untuk bunuh diri. Hal itu membuat Kakashi, anaknya yang selalu mengidolakan Sakumo sebagai ayahnya, tidak pernah bangga terhadap ayahnya dan Kakashi berjanji untuk selalu mematuhi setiap hukum dan aturan ninja.

Hatake Sakumo memiliki sebuah pisau chakra bersinar putih sebagai senjatanya, namanya Tanto. Rambutnya berwarna perak dengan sebuah kunciran di belakang kepalnya. Penampilannya agak mirip dengan Kakashi saat Kakashi dewasa. Karena itulah, orang-orang sering salah mengira Kakashi adalah Sakumo.



Pertama kali Hatake Sakumo muncul adalah saat menceritakan masa lalu Kakashi (vol. 27, chapter 241), tetapi wajahnya tidak ditunjukkan saat itu. Wajahnya baru ditunjukkan pada chapter 425. Saat itu, Kakashi telah mati dan bertemu ayahnya. Sakumo sangat senang bisa bertemu dengan anaknya dan ia sangat bersyukur Kakashi sudah memaafkan ayahnya (Chapter 449). Kakashi pun akhirnya bisa merasa bangga terhadap ayahnya itu. Ternyata Kakashi harus pergi karena belum waktunya Kakashi mati, Sakumo berkata padanya, "Sekarang aku bisa pergi. akhirnya aku bisa bertemu dengan ibumu lagi." Hal ini menunjukkan, bahwa Sakumo terus menunggu saat di mana ia bisa bertemu dan berbincang dengan Kakashi sebagai tugas terakhirnya.


2 Comments

Boejang Aska mengatakan...

Jurus andalan Sakumo Hatake apa ya?
nah, klo dia suka pakai elemen apa aja..
tau ga?

Hamano Chiaki mengatakan...

soal jurus andalan, Sakumo memakai pedang Tanto yang menjejakkan chakra putih. S9oal detil jurus dan namanya memang belum diketahui.
Kemudian soal elemen, DIPERKIRAKAN Sakumo memiliki elemen petir, tapi karena Skumo adalah ninja setingkat jonin, ada kemungkinan ia menguasai beberapa elemen lainnya...
Terima kasih sudah bertanya...
Sering sering berkunjung ya ^^