Profile Kakashi
Tinggi Badan : 181 cm
Berat Badan : 67.5 kg
Usia : 26-27 (Shippuuden :29-30)
Tanggal Lahir : 15 September
Kota Kelahiran : Konohagakure
Golongan Darah: O
Seiyū (Jepang) : Kazuhiko Inoue








Hatake Kakashi (はたけカカシ), adalah salah seorang karakter yang cukup penting di dalam Naruto. Kakashi adalah seorang guru jounin spesial yang memiliki sharingan di mata kirinya, juga merupakan guru dari kelompok 7, yaitu kelompok milik Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke, dan Haruno Sakura. Kemunculan Kakashi pertama kali ada pada Naruto vol. 1 chapter 3 (pada animenya pada episode 3).

Pada Kakashi Gaiden (cerita masa lalu Kakashi, Naruto vol. 27, chapter 239-chapter 244), diceritakan sedikit mengenai ayah Kakashi, Hatake Sakumo alias Konoha no Shiroi Kiba (sebelumnya sudah pernah dibahas, khan!). Kejadian yang menimpa ayahnya, membuat Kakashi selalu berpegang pada hukum dan aturan ninja. Suatu kali, Kakashi mendapat misi pertamanya sebagai jounin bersama 2 rekan timnya, Uchiha Obito dan Rin, dari ’mantan’ gurunya, Namikaze Minato. Kakashi bersama 2 rekannya akan menyusup ke wilayah belakang musuh, sedangkan Minato beserta ninja Konoha lainnya akan menyerang musuh dari depan. Di tengah misinya, Rin tertangkap oleh musuh, Obito ingin menyelamatkannya tetapi dilarang oleh Kakashi dengan alasan untuk keberhasilan misi. Obito marah kepada Kakashi dan berkata, "Menurutku, Shiroi Kiba adalah pahlawan sejati... Dalam dunia ninja, orang yag melanggar aturan memang disebut sampah... Tapi... Orang yang tidak menghargai temannya lebih rendah dari sampah. Lagipula, keduanya sama-sama sampah, aku akan melanggar aturan! Kalau itu bukan shinobi (ninja) sejati... Akan kuhancurkan nama shinobi!!"
Kakashi pun akhirnya sadar mengapa ayahnya lebih mementingkan nyawa temannya ketimbang keberhasilan misi. Kakashi memutuskan untuk mengejar Obito dan menyelamatkan Rin. Saat menyelamatkan Rin, Kakashi kehilangan mata kirinya akibat disayat oleh musuh, akan tetapi sharingan Obito bangkit karena tekad Obito yang ingin menolong teman-temannya. Mereka berdua terus berusaha untuk menyelamatkan Rin. Rin berhasil diselamatkan, akibatnya Obito malah tertimpa batu besar hingga seluruh tubuh bagian kanannya hancur. Kenapa Obito bisa sampai terimpa batu besar, bukannya dia punya sharingan? Sebenarnya Kakashilah yang nyaris tertimpa batu, tetapi Obito berbalik dan mendorong Kakashi menjauh sehingga Obitolah yang tertimpa batu besar itu. Di saat-saat terakhirnya, Obito memberikan sharingan di mata kirinya pada Kakashi sebagai hadiah ucapan selamat karena Kakashi berhasil menjadi Jounin, Obito berkata pada Kakashi, " Apapun yang dikatakan penduduk desa, kau ninja yang hebat. Itu perasaanku. Terima ini... Aku... akan mati, tapi aku akan menjadi matamu... dan melihat masa depan setelah ini." Dengan bantuan Rin yang ninja medis, mata sharingan Obito ditanamkan pada Kakashi. Pada akhir cerita Obito tewas dan sejak saat itulah Kakashi mengubah pemikirannya sebagai ninja. Sejak itu pula, di Konohagakure dinyatakan telah lahir 2 orang pahlawan pemilik sharingan, yang satu namanya diukir di monumen kepahlawanan, sedangkan satunya lagi bertumbuh menjadi ninja yang hebat dan namanya dijuluki sebagai Kakashi si sharingan.


Semenjak Kakashi mengalami pengalaman pahit kehilangan sahabatnya, Obito, Kakashi menjunjung suatu motto yang dikatakan sahabatnya itu. Isi motto itu dalam bahasa Jepang adalah :

Ninja no sekai de rūru ya okite o yaburu yatsu wa kuzu yobawari sareru...
Kedona... nakama o taisetsu ni shinai yatsu wa sore ijō no kuzu da


artinya, ’Di dunia ninja, orang yang melanggar peraturan disebut sampah... Tetapi... orang yang tidak menghargai teman seperjuangannya, lebih rendah dari sampah.’


Kakashi adalah guru yang bersifat santai, karena itulah ia sering datang terlambat dan selalu berkata, " Aku tersesat di jalan bernama kehidupan jadi..." sebagai alasan keterlambatannya. Elemen chakranya adalah petir. Sebagai Jounin, Kakashi juga menguasai beberapa elemen chakra lainnya. Jurus andalannya adalah ’Raikiri’, yaitu jurus yang menggunakan chakra dalam jumlah banyak yang kemudian dikumpulkan di bagian tangan dalam bentuk petir. Jurus ini sama dengan ’Chidori’ milik Sasuke.
Kakashi memilki 8 ekor anjing sebagai kuchiyosenya dan yang paling sering di’panggil’ adalah Pakkun. Selain itu, ada lagi juris favorit Kakashi, namanya ’Taijutsu no Ōgi: Sennen Goroshi’ (bahasa Indonesianya teknik legendaris taijutsu, derita seribu tahun). Kakashi mengatakan teknik ini adalah jurus legendaris Konohagakure (chapter 005, page 08- page 09). Jurus ini merupakan jurus taijutsu yang dilakukan dengan cara menusukkan secara kuat jari tangan ke pantat lawan. Meski tidak pernah diceritakan di Naruto, tetapi Kakashi pernah menjadi Anbu.



Sehari-hari, Kakashi selalu menutup mata kirinya dengan pelindung kepala dengan alasan untuk menjaga sharingannya (lihat gambar atas). Pada chapter 276 Kakashi telah meningkatkan sharingannya menjadi mangekyou sharingan. Luka sayatan yang ada di mata kirinya timbul karena sayatan lawannya dalam misinya pada Kakashi Gaiden. Sayatan inilah yang juga menyebabkan mata Kakashi hilang (buta). Kakashi juga menggunakan penutup mulut sehingga tidak seorang pun mengetahui wajahnya (karena hanya terlihat mata kanannya) kecuali rekan timnya dulu (Obito, Rin, Minato), Tsunade, pemilik kedai ramen ’Ichiraku’, pegawai wanita yang bekerja di kedai ramen ’Ichiraku’, dan anjing kuchiyosenya (tapi ingatan kuchiyosenya buruk sehingga mereka tidak dapat mengingat wajah Kakashi).
Buku bacaan favoritnya adalah Icha-Icha series karangan Jiraiya yang terdiri dari: Icha-Icha Paradise (Make-Out Paradise), Icha-Icha Violence (Make-Out Violence), dan Icha-Icha Tactics (Make-Out Tactics).


One Comment

Anonim mengatakan...

mantap bro