Gake no ue no Ponyo adalah sebuah film animasi Jepang dan Studio Ghibli, karangan Hayao Miyazaki. Film ini adalah film kesepuluh dari Miyazaki untuk Studio Ghilbli. Film ini bercerita tentang gadis ikan yang ingin menjadi seorang manusia. Sang gadis lalu kabur dari rumahnya di laut, tetapi akhirnya terdampar di pantai. Sosuke, seorang anak laki-laki berusia 5 tahun menemukannya. Lalu Sosuke menamainya Ponyo dan berjanji untuk menjaganya. Sementara itu, Fujimoto, ayah Ponyo kebingungan mencari Ponyo, Fujimoto kemudian mengirim suruhan untuk membawa pulang Ponyo.

Ponyo berhasil dibawa pulang, tetapi hal ini menimbulkan kesedihan di hati Sosuke, apalgi Sosuke mulai menyukai Ponyo. Begitu pula dengan Ponyo, Ponyo meminta ayahnya untuk mengubahnya menjadi manusia, karena ia telah jatuh cinta kepada Sosuke. Ayahnya tidak menghiraukannya.

Akhirnya dengan dibantu oleh saudara-saudaranya, Ponyo berhasil melarikan diri. Dengan menggunakan kekuatan ayahnya, Fujimoto, Ponyo berhasil diubah menjadi manusia. Tetapi hal ini menyebabkan keseimbangan alam semesta rusak. Bulan telah keluar dari orbitnya, meteor berjatuhan, terjadilah badai dasyat. Lalu bagaimana cara Ponyo menemukan Sosuke kembali? Akankah mereka bertemu kembali?

Gake no ue no Ponyo trailer :



Watch the full video with eng sub here.


One Comment

Anonim mengatakan...

aduh gw belum nonton tapi susah nyari DVD nya T.T