Kappa, yang disebut juga Kawataro atau Kawako, adalah makhluk dari mitologi Jepang. Kappa biasanya tinggal di danau atau sungai, besarnya sebesar anak manusia, mempunyai tangan dan kaki. Ada yang berkata wajah kappa seperti monyet, ada juga yang beranggapan kappa seperti kura-kura dengan mulut seperti paruh bebek. Kappa memiliki tempurung seperti kura-kura, warna kappa kehijau-hijauan dengan sisik di sekujur tubuhnya. Karena tinggal di perairan, tangan dan kaki kappa berselaput sehingga memudahkannya berenang.

Kappa juga dikenal sebagai makhluk yang jahil, kappa suka mengganggu manusia seperti mencuri panen, membuka kimono wanita, mengganggu anak kecil, bahkan menculiknya. Tapi, kappa juga bisa membantu manusia, seperti mengirigasi sawah. Kappa bisa berbicara bahasa Jepang, bermain shogi, sumo, memiliki tatakrama atau etiket, dan juga memiliki pengetahuan yang luas tentang obat-obatan!

Ciri khas kappa adalah adanya semacam cekungan di kepalanya yang berisi air. Air yang ada di kepalanya inilah sumber kekuatan kappa. Jika air yang ada di kepalanya tumpah, kappa memjadi lemah dan tidak berdaya. Karena itulah, jika bertemu kappa yang jahil, orang akan membungkuk (gesture / salam orang jepang). Karena kappa adalah makhluk yang beretiket, tentu ia akan membalas orang itu dengan bungkukan. Saat kappa membungkuk, air di kepalanya akan jatuh dan mengakibatkan kappa kehilangan kekuatannya.

Kappa juga beberapa kali muncul dalam manga dan anime, seperti dalam film Kappa no Coo to Natsuyasumi (Summer Days with Coo), anime (TV) Kappa no Kaikata, cerita singkat Crayon Shin chan, dan Doraemon.