Dalam mitologi Jepang, 2 dewa-dewi Izanagi dan Izanami merupakan pencipta Jepang dan dewa-dewi lainnya. Jadi, merekalah asal usul dari segala sesuatu yang ada di Jepang. Di sebuah mitologi penting di Jepang, diceritakan mereka turun ke Yomitsu Kuni, dunia bawah atau disebut juga dunia kegelapan. Cerita tentang Izanagi dan Izanami diceritakan dalam 2 karya: Kojiki (catatan kuno) dan Nihongi (sejarah Jepang).



izanagi_izanami



Menurut legenda, setelah kemunculan mereka, Izanagi dan Izanami berdiri di jembatan yang melayang ke surga dan meributkan laut dengan tombak berhiaskan berlian. Ketika mereka mengangkat tombaknya, butiran-butiran air kembali menjadi air dan membentuk tanah pertama, pulau yang disebut Onogoro. Izanagi dan Izanami turun ke pulau tersebut dan menjadi suami-istri. Anak pertama mereka cacat, dan dewa-dewi lain berkata kalau itu terjadi karena Izanami berbicara dahulu sebelum suaminya saat acara pernikahannya (semacam tradisi Jepang).

Pasangan tersebut kemudian menikah kembali. Izanami melahirkan 8 anak, yang kemudian menjadi pulau-pulau di Jepang. Izanagi dan Izanami juga menciptakan banyak dewa dewi yang melambangkan gunung, lembah, air terjun, sungai, angin, dan kenampakan alam lainnya. Tetapi saat kelahiran Kagutsuchi, sang dewa api, Izanami terbakar.

Ketika Izanami meninggal, Izanami pergi ke Yomitsu Kuni. Izanagi memutuskan untuk turun ke Yomitsu Kuni dan menyelamatkan belahan jiwanya dari dunia kematian tersebut. Ketika mendekati gerbang Yomi, Izanami menyambut Izanagi dari bayang-bayang. Izanami memperingatkan agar Izanagi tidak melihat dirinya dan berkata bahwa ia akan merencanakan pelariannya dari Yomi (dewa Yomitsu Kuni). Karena sangat merindukan istrinya, Izanagi menyalakan obor untuk mencari Yomi, tetapi ia sangat kaget ketika melihat bahwa Izanami sudah menjadi mayat busuk. Tak tahan melihatnya, Izanagi kabur.

Izanami marah, lalu ia mengirim setan-setan wanita, 8 dewa petir, dan sepasukan tentara menakutkan untuk mengejar Izanagi. Izanagi berusaha keluar dan memblokir jalan antara Yomitsu Kuni dan tanah kehidupan dengan batu besar. Izanagi dan Izanami bertemu di sana dan mereka bercerai.

Izanagi merasa dirinya tidak suci setelah berkontak dengan dunia kematian. Karena itu, dia mandi untuk menyucikan dirinya kembali. Sejumlah dewa-dewi, baik jahat maupun baik, muncul dari pakaian yang dibuang oleh Izanagi. Dewi matahari Amaterasu muncul dari mata kirinya, dewa bulan Tsukiyomi dari mata kanannya, dan Susano-o dari hidungnya. Lalu, Izanagi membagikan kerajaannya kepada 3 anak kebanggaannya.


10 Comments

arie_ruez mengatakan...

Jadi kyk gitu sejarahnay...

Hmmmm...

Menarik2...

Anonim mengatakan...

jd krna ini izanami ngejar2 izanagi...

kreeen...

Anonim mengatakan...

ouw.. mungkin si Masashi Kishimoto sapat ide dari cerita ini ya saat ngarang komiknya yang paling sensasional, Naruto. Izanagi, Tsukuyomi, Amaterasu, ama Susano'o, itu semuanya kan jurus2nya Clan Uchiha. Tapi Izanami blm tw gw ada gk ya di jurus2 Clan Uchiha.

Anonim mengatakan...

izanagi baru dibahas di naruto 478.. the forbidden jutsu even among uchiha... danzou can using those uchiha techniques because he invented shodai cell to boost his energy.

Anonim mengatakan...

Ehm,,,
Gto to?
Udh lma Qxri crtax ni tp g da yg bhsa INDONESIA,mklm Qkn cinta INDONESIA!
Klan Uchiha jrusx pke nma dewa smw!
Keren,,,

Anonim mengatakan...

izanami : jurus yg ditransfer itachi ke naruto :)

Sorakun49 mengatakan...

heeeeeee, ada sejarahnya juga~
sugeee

@ndy mengatakan...

ada tuch tetang izanami di naruto chapter 581. cool

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

Ada typo, Min, sehingga bikin bingung baca ceritanya.... :(

mix-write mengatakan...

keren gan saya baru tahu malah cerita ini