(shinigami dalam berbagai anime)




Kata 'shinigami' (死神) pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Banyak sekali cerita-cerita anime yang memakai shinigami sebagai salah satu unsur ceritanya. Bleach, Death Note, Fullmoon O Sagashite, Soul Eater, dan masih banyak yang lain.


Dalam Bleach, shinigami bertugas untuk menjaga keseimbangan jumlah soul di dunia dan spirit world. Dalam Death Note, shinigami adalah makhluk yang tinggal di dunia kematian dan menggunakan death note untuk membunuh orang. Di dalam Fullmoon O Sagashite, shinigami adalah pekerjaan untuk orang yang mati dengan cara bunuh diri. Tugasnya adalah mengambil nyawa orang yang akan mati dengan menggunakan alat seperti grim reaper.

Sebenarnya, shinigami itu apa?


Shinigami secara harafiah dapat diartikan sebagai dewa kematian. Pada kenyataannya, shinigami bukanlah dewa, kata shinigami dapat dipakai untuk menyebut makhluk-makhluk gaib apapun yang berhubungan dengan kematian.

Dewa-dewa kematian di Jepang:
· Enma (-ō, -daiō)
Enma, yang juga disebut Yama, adalah dewa agama Buddha dan Hindu yang memutuskan orang yang mati mendapat upah atau hukuman di Jigoku.
· Izanami
Izanami adalah dewi agama Shinto, istri dari Izanagi. Izanami adalah dewi pencipta, yang akhirnya menjadi dewi kematian.