Pada jaman dahulu, di tengah gunung Ashigara hiduplah seorang anak laki-laki yang penuh semangat. Anak laki-laki ini bernama Kintaro. Ia kuat sejak lahir. Begitu kuatnya sampai-sampai ia bisa menarik tali yang diikat di lesung dan menggerakkan lesung berat itu sambil merangkak.

Ketika Kintaro mulai bisa berjalan, ibunya menjahitkan rompi berwarna merah untuk Kintaro. Rompi itu besar dan masih terlalu longgar bagi Kintaro. Tapi itu disengaja karena ibunya ingin agar Kintaro tumbuh dengan cepat supaya rompi itu sesuai untuk Kintaro.


Kintaro menjadi teman dan sahabat yang menyenangkan. Temannya adalah binatang-binatang gunung, misalnya kelinci, monyet, dan lain-lain. Semuanya menjadi sangat suka pada Kintaro. Setiap hari Kintaro pergi ke gunung untuk berkumpul dan bermain dengan binatang-binatang itu.

“Mari kita main kejar-kejaran sampai ke gunung sana.”
“Hup! Hup! Hup!”
Hari ini mereka bermain kejar-kejaran, keesokan harinya bermain gulat.
“Hakkeyoi! Ayo! Ayo!”
Walaupun bergulat melawan binatang, tidak ada lawan yang setanding bagi Kintaro.
“Ayo! Ayo! Kintaro menang lagi!”

Kintaro tumbuh besar dengan cepat, tanpa disadari rompinya menjadi cocok di tubuhnya.

Pada suatu hari, ibunya yang mengerti bahwa Kintaro sudah sangat kuat memberinya sebuah kapak besar. Musang nakal datang ke tempat Kintaro yang membawa kapak besar.
“Kintaro, bolehkah aku membawanya.... E-e-e... adu-du-duuuh!”
Musang membawa kapak besar, tetapi ia langsung terhuyung-huyung dan jungkir balik. Sementara Kintaro bisa berjalan sambil memikul kapak besar di atas bahunya dengan mudah.

Tibalah musim gugur. Kintaro dan binatang-binatang itu berangkat mencari buah kastanye ke gunung seberang.
“Wah, jembatannya tidak ada!”
Apakah jembatan itu jatuh karena badai? Sekarang tak ada lagi jembatan yang menghubungkan dua tebing. “Baik, kalau begitu mari kita jatuhkan pohon ini dan kita jadikan jembatan.”
Kintaro mencoba menjatuhkan pohon besar yang tumbuh di dekatnya.
“Satu-dua-ti...!”
“Ayo Kintaro! Ayo terus!”
“Ga!!”
Akhirnya ia berhasil menjatuhkan pohon itu dan membuat jembatan. Lalu mereka semua maju menyeberangi jembatan itu sedikit demi sedikit.
“Hei, tunggu sebentar. Jangan menginjak ulat ya.”
Kintaro hendak menolong ulat yang merambat di permukaan pohon. Hati Kintaro baik dan tubuhnya juga kuat. Kintaro memang baik hati terhadap siapapun, walaupun itu hanya seekor ulat.

Kintaro dan teman-temannya asyik mencari kastanye. Tanpa mereka sadari, mereka telah sampai di gunung yang menurut kabar ditinggali oleh beruang yang kasar dan buas. Di batang pohon kastanye yang besar, ada bekas kuku beruang. Binatang-binatang sahabat Kintaro pun mulai menggigil gemetar.

“Uwoooooo!!!” terdengar suara beruang.
“Hiyaaaaa!!! Ada beruang! Bagaimana ini?”
“Mari kita lari, Kintaro!”
Binatang-binatang itu berlari tercerai-berai. Beruang itu telah sampai di depan mata. Tetapi Kintaro tenang-tenang saja.
“Siapakah yang merusak gunungku? Takkan kulepaskan!”
“Hei, beruang! Akulah lawanmu. Ayo kemari!” Beruang dan Kintaro saling mengunci.
“Grragh. grragh, grraaaagh!”
“Hmmph, hmmmph!”

Akhirnya Kintaro berhasil mengangkat beruang dengan kedua tangannya. Lalu melemparkannya ke udara, lantas menangkapnya kuat-kuat dengan kedua belah tangannya.
“Horeeeee! Kintaro menang!”
Kintaro pun menjadi teman beruang yang paling kasar dan buas di gunung itu, lalu bersama binatang-binatang sahabatnya ia pulang ke rumah tempat ibunya menunggu.

Setelah dewasa, Kintaro pergi ke kota dan menjadi prajurit yang sangat kuat.Ia dikenal dengan nama Sakata Kintoki. Kisah ini adalah kisah saat Sakata Kintoki masih kecil.


Gunung Ashigara adalah gunung yang terkenal dengan dongeng Sakata Kintoki atau Kintaro di Jepang. Gunung Ashihara terletak di bagian barat daya propinsi Kanagawa. Adalah pada pertengahan era Heian, yaitu abad 10-11, saat Sakata Kintoki dikisahkan pergi kota besar dan menjadi pengawal Yorimitsu Minamoto. Kintaro memang anak yang sangat kuat yang lantas menjadi prajurit yang sangat kuat pula. Menurut legenda, Kintaro memiliki kekuatan ini karena Ibunya adalah seorang Yamamba, yakni wanita di pedalaman gunung yang memiliki kekuatan gaib.


Diambil dari: 12 Cerita Rakyat Jepang dan Musim-musim yang Mengiringinya
By: Shito Naoko


One Comment

Agreva Tania mengatakan...

Wah, ijin copy ya:) Thank you:)