Profile Gaara
Penampilan Pertama : -Naruto manga Ch. 35
-Naruto anime Ep. 20
Pengisi Suara : Akira Ishida
Tanggal Kelahiran : 19 Januari
Tipe Petarung : Petarung Jarak Jauh

Sabaku no Gaara, adalah karakter dalam ‘Naruto’ yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto sebagai ‘teman senasib’ dari karakter utama, Naruto, karena sama-sama jinchuriki (memiliki bijuu di dalam tubuhnya). Mereka berdua mamiliki latar belakang dan masalah yang sama, tetapi kepribadian mereka sangat berbeda. Di awal cerita, Gaara diperkenalkan sebagai seorang antagonis dan rivalnya Naruto, tetapi kepribadiannya berubah setelah ia melawan Naruto.

Gaara adalah seorang ninja dari Sunagakure, anak dari Kazekage 4. Saat masih dalam kandungan, sang ayah menyuruh Nenek Chiyo (penasehat Sunagakure) untuk menyegel Shukaku ekor 1, Ichibi, ke dalam tubuh Gaara, yang menyebabkan Gaara dapat mengendalikan pasir. Ibu Gaara mati setelah melahirkan Gaara karena ia dijadikan tumbal untuk Shukaku. Oleh ayahnya, Gaara diajari cara untuk mengontrol Shukaku dalam tubuhnya dan menjadikannya senjata untuk melindungi desanya. Semua orang di desanya membenci Gaara, mereka menganggap Gaara monster karena Shukaku tersegel di dalamnya. Ternyata, Gaara tidak berhasil mengendalikan Shukaku dengan baik dan membahayakan desa. Oleh karena itu, ayahnya menyuruh Yashamaru (adik dari ibu Gaara) untuk membunuh Gaara, tetapi Gaara malah membunuh Yashamaru. Sejak saat itu, Gaara tidak percaya kepada siapa pun. Ia hanya percaya kepada dirinya dan Shukaku. Dan dengan membunuh semua orang dia dapat merasakan keberadaannya. Lingkaran hitam di sekeliling matanya disebabkan karena Gaara tidak pernah tidur sebab jika ia tidur maka Shukaku di dalam tubuhnya akan bangun dan menguasai dirinya.

Gaara pertama kali muncul saat ujian Chunin, sebagai ninja Sunagakure bersama kedua temannya, Kankuro dan Temari. Tujuan mereka sebenarnya adalah bekerja sama dengan Otogakure untuk menghancurkan Konohagakure. Tetapi Gaara memiliki tujuan lain, yaitu melawan Sasuke yang dikatakannya memiliki sorot mata sama denganya yaitu sorot mata ingin menjadi lebih kuat untuk membalas dendam. Pada saat melawan Sasuke di ujian Chunin Gaara terlalu terobsesi mengalahkan Sasuke sehingga ia mengubah wujudnya menjadi Shukaku, tetapi Sasuke memecahkan kepompong Gaara sebalum Gaara berubah menjadi Shukaku sempurna. Pada saat itu pula tiba-tiba ada komando dari ninja Sunagakure untuk menjalankan misi mereka dan akhirnya terjadi perang. Gaara dibawa pergi dari Konohagakure karena kekuatannya menurun akibat proses perubahannya itu, Sasuke yang ingin mengalahkannya mengejarnya dan akhirnya mereka bertarung. Nantinya Naruto akan datang untuk membantu Sasuke mengalahkan Gaara.

Gaara mampu mengendalikan pasir, karena ada Shukaku dalam tubuhnya. Gaara selalu membawa gentong pasir di punggungnya dan melawan musuh-musuhnya dengan pasir, jurus-jurusnya antara lain Sabaku Kyuu, Sabaku Sou Sou, Ryuu Sabaku Ryuu, Sabaku Taisou, Suna Shigure, Shukaku no Tate, dan lain-lain. Jika musuh menyerangnya, akan terbentuk semacam tameng pasir yang mengeblok serangan lawannya. Sekujur tubuh Gaara tebungkus pasir untuk berjaga-jaga terhadap serangan tiba-tiba.

Pada Naruto Shippuuden, Gaara menjadi Kazekage 5. Gaara pernah bertarung melawan Deidara untuk melindungi desanya. Dalam pertarungan tersebut, Gaara kalah dan Akatsuki berhasil mengambil Shukaku dalam tubuh Gaara. Apabila seorang Jinchuriki kehilangan Bijuu-nya, maka ia akan mati. Hal ini tejadi pada Gaara, untungnya Nenek Chiyo menggunakan Tensei no Jutsu untuk menghidupkan Gaara sehingga Gaara hidup kembali. Akan tetapi, Tensei no Jutsu ini membuat pemakai jurus ini harus menukarkan nyawanya untuk nyawa orang yang telah mati. Karena itulah pada akhir cerita Nenek Chiyo meninggal dengan harapan Gaara akan tetap melindungi Sunagakure. Meskipun Shukaku milik Gaara sudah diambil, Gaara masih dapat mengendalikan pasir.


6 Comments

Anonim mengatakan...

gaara thu keyen bgt!!!!!!!!!!!!1
tipe cowok idamanq,g byk omong&kuat
mnurut q gaara thu pas lecil imuuuuuuuuuut bgtttttt
tapi knapa dia slalu g punya temen?

Chiharu n Chiaki mengatakan...

iyaa.. chiharu setuju!!
dy gak punya temen karena dianggap monster oleh orang2 desanya...
dy kan punya shukaku..

mm.. laen kali kalo kasi comment nulis nama yah(url buleh kalo ada)!
chiharu dan chiaki kan pengin kenalan juga ^^

Mahardika Usman mengatakan...

Gaara-kun sumpah kereeen bangettt... aku cinta kamuuuu gaara-kun... #plakkk

tapi, aku masih penasaran nih,, ntar gaara-kun nikahnya sama syapa yaa... hihihi ^^

LULU RAHMA FADILLA mengatakan...

Watashi wa gaara o aishite

aku suka gaara

gaara cakep banget

Gaara keren banget

angela potter mengatakan...

Gaara!!!!! I LOVE YOU!!!


Kamu keyen and imuuut BGT! AISHITERU!!!!!!

Anonim mengatakan...

Aep gaara qu