Profile Doraemon ...
-Tinggi : 129.3 cm
-Berat : 129.3 kg
-Lingkar dada : 129.3 cm
-Tinggi duduk : 100 cm
-Mangaka :Fujiko F. Fujio



Doraemon merupakan robot kucing yang datang dari abad 22 dengan menggunakan mesin waktu. Doraemon datang ke rumah Nobita yang berada di abad 20 dengan alasan ia dikirim oleh cicit Nobita, Sewashi, untuk mengubah hidup Nobita yang selalu tidak beruntung. Ia membantu Nobita dengan mengeluarkan alat-alat ajaib yang dikeluarkanya melalui kantong ajaibnya, yaitu kantong 4 dimensi yang berbentuk setengah lingkaran dan terletak di perut Doraemon. Sebenarnya kantong ajaib itu merupakan dunia lain yang tidak terbatas dan tidak dihuni oleh makhluk hidup, karena besarnya tidak terbatas maka berapapun banyaknya barang bisa dimasukkan. Doraemon memiliki 2 kantong ajaib yang saling berhubungan (maksudnya jika kita masuk ke kantong pertama, dapat keluar ke kantong yang kedua), yang satu ditempelkan di perutnya, sedangkan yang satu lagi disembunyikan di bawah bantal tempat tidurnya.

Struktur Tubuh Doraemon
Doraemon mengakui bahwa dirinya adalah robot kucing canggih yang diciptakan ilmuwan hebat di abad 22. Warna badannya adalah biru, tetapi pada “Doraemon Special” dikatakan bahwa warna sebelumnya adalah kuning dengan kuping kucing (kuping kucingnya hilang karena suatu sebab). Ia memiliki mata infra merah sehingga dapat melihat di malam hari. Hidungnya pun memiliki penciuman tajamyang bisa berfungsi 200 kali penciuman manusia. Kumisnya berfungsi sebagai radar agar bisa mangamati barang dari jauh. Jika diperhatikan, tanganya yang bulat sebenarnya memiliki daya rekat sehingga ia dapat memegang dan membawa barang apa pun. Lonceng yang ada pada kalungnya berfungsi untuk mengumpulkan kucing, sayangnya sedang rusak sehingga beberapa komponennya diubah menjadi kamera mini. Ekornya yang berbentuk bulat dan berwarna merah berfungsi sebagai switch, apabila ditarik pada keadaan on, seluruh program pada tubuhnya akan menjadi off. Untuk menghidupkannya, ekor tersebut harus ditarik lagi.

Beberapa perisiwa penting di hidup Doraemon
· 3 September 2112
Lahir di pabrik roket. Tapi karena hasilnya jelek, maka ia dijual. Akhirnya ia dibeli oleh cicitnya Nobita.
· 30 Agustus 2122
Saat tidus siang, datang tikus yang menggerogoti kupingnya sehingga ia dimasukkan ke rumah sakit. Sejak saat itu ia benci tikus.
· 2 September 2122
Saat dibesuk oleh pacarnya, akan tetapi pacarnya tertawa terbahak-bahak melihat kepalanya yang tidak berkuping.
· 1 Januari abad 20
Nobita didatangi oleh Doraemon.