Seperti film atau hiburan lain, anime dibagi menjadi beberapa jenis genre dan tema. Bingung mencari anime yang bagus dan cocok buat kamu? Tinggal cari menurut genre yang kamu suka!

Sebelum mengenal genre-genre anime, di dalam anime ada pembagian menurut kategori pembaca:
· Shojo - anime untuk perempuan
· Shonen - anime untuk laki-laki
· Josei - anime untuk wanita
· Seinen - anime untuk pria
· Kodomo - anime untuk anak-anak laki-laki dan perempuan

Nah, sekarang kita akan belajar mengenai beberapa genre anime. Secara umum, anime dibagi menjadi 5 genre utama:
· Action – yang termasuk dalam genre ini adalah anime yang mengandung unsur bela diri, peperangan, pertarungan, atau “battle anime”. Adventure atau petualangan juga termasuk dalam genre ini karena sebagian besar petualangan melibatkan pertarungan juga.
· Drama – anime yang romantis termasuk dalam genre ini. Selain itu, bercerita tentang kehidupan remaja, self-discovery, dsb.
· Science Fiction – yang termasuk genre ini adalah anime dengan plot cerita yang futuristis, dengan teknologi canggih, robot (mecha), dsb.
· Horror – yang masuk genre ini tentu saja yang ceritanya horror! Seperti cerita tentang hantu, hal-hal gaib dan supernatural.
· Game-Based – cerita dari anime ber-genre ini memfokuskan pada sebuah permainan. Seperti menggunakan kartu, yoyo, dsb.

Genre-genre ini tidak eksklusif atau berdiri sendiri, kamu akan sering menemukan anime yang dipengaruhi beberapa genre dan sub-genre. Contohnya, anime action yang di dalamnya mengandung percintaan, atau robot canggih yang digunakan untuk berperang.
Di bawah 5 genre yang di atas, terdapat beberapa sub-genre atau tema. Apa saja tema yang ada? tunggu postingan berikutnya ^^